Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Macam Teknik Black Hat SEO Yang Berbahaya Bagi Blog

Berbagai Macam Teknik Black Hat SEO Yang Berbahaya Bagi Blog - Pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas definisi dan cara memakai teknik White Hat SEO, secara lengkap. Kali ini admin “Blog Tips & trik” akan berbagi informasi yang tidak kalah penting untuk teman-teman baca dan pahami. Yaitu Trik memaksimalkan blog yang sering di lakukan oleh blogger yang ingin mendapatkan traffik dan rangking tertinggi secara instan dan cepat. Namun jenis optimasi SEO Black Hat, cara kerjanya bertolak belakang dengan White Hat dan memiliki resiko dalam penerapannya.

Teknik ini di sebut dengan Black Hat SEO yang dilambangkan dengan gambar topi hitam. Memang dengan memakai black hat peringkat web dan traffik situs bisa meningkat dengan drastis dalam waktu singkat. Akan tetapi, jenis optimasi ini kurang bagus bahkan bisa dikatakan sangat berbahaya bagi blog untuk jangka panjang. Karena trik-trik dalam penerapannya dilakukan secara curang, menipu, atau illegal, sehingga lambat laun blog/web/situs yang menggunakan teknik ini akan hilang dari indeks mesin pencari khususnya Search Engine paling populer milik google, bahkan dapat menyebabkan blog (situs/web) di hapus secara permanen. Jadi berhati-hatilah.

Macam-macam teknik black hat SEO

Untuk itu agar teman-teman bisa mengetahui apa saja jenis teknik black hat yang mesti di hindari karena berbahaya, di bawah ini admin sajikan macam-macam teknik black hat yang masih banyak di pakai sampai sekarang.

Berbagai Macam atau Jenis Teknik Black Hat SEO Yang Berbahaya Bagi Blog


Dari berbagai jenis trik penggunaan Black Hat SEO, yang sering di pakai dan masih terus berkembang sampai saat ini adalah sebagai berikut:

1. Scraping Pages
Scraper pages merupakan salah satu teknik black hat yang paling mudah dan banyak di gunakan oleh blogger malas. Di lakukan dengan cara memakai sebuah aplikasi yang dapat menggenerated konten menjadi seolah-olah baru dan mempostingnya ulang pada web/situs miliknya. Dengan teknik ini pelaku dapat dengan mudah mengambil semua artiklel pada sebuah web tanpa harus melakukan apapun, dan menerbitkannya kembali pada blog sebagai karyanya. 

Diantara teknik black hat Scraper Pages merupakan trik yang paling merugikan bagi blogger jujur. Dan bisa di bilang pengguna teknik satu ini benar-benar memalukan karena tanpa berpikir , permisi, dan terima kasih dengan penulis aslinya dia (pelaku scraper) dengan bangga mengklaim artikel tersebut adalah karyanya sendiri.

2. Keyword Stuffing
Secara umum definisi keyword stuffing adalah sebuah teknik penempatan kata kunci yang di lakukan dengan cara yang tidak wajar. Maksudnya kata kunci di ulang secara terus-menerus tanpa memperhatikan batas normal pemakaian keyword yang di rekomendasikan. Mungkin sering teman-teman menemukan atau mengalaminya secara langsung artikel blog muncul di halaman utama google namun dalam waktu singkat (beberapa hari) hilang karena terkena pinalty dari google (deindeks google). Karena itulah, teknik penggunaan keyword stuffing berbahaya bagi kemajuan blog, dan masuk dalam kategori black hat SEO.

3. Link Farming / Ternak Link
Dalam bahasa indonesia link farming kurang lebih artinya bertani link atau pertanian link. Jadi dengan menggunakan teknik ini seseorang mengumpulkan banyak link pada sebuah halaman. Maksudnya dalam situs itu hanya terdiri dari kumpulan link yang berjumlah ratusan bahkan ribuan tanpa di sertai pembahasan atau konten/artikel pendukung, murni terdiri dari url semata. sehingga pengunjung tidak mendapatkan manfaat sama sekali, karena itulah teknik ini masuk dalam kategori Black Hat SEO yang sudah semestinya kita hindari.

4. Invisible Text (Teks Tersembunyi atau Samar)
Invisible Text merupakan salah satu teknik black hat SEO yang sering kali di lakukan oleh blogger yang hanya ingin memperoleh keuntungan dengan cara menipu penglihatan pengunjung. Mengapa di bilang menipu? Karena, dengan cara ini admin blog tersebut dengan sengaja membuat teks tidak terlihat atau samar-samar dengan berbagai trik. Contoh membuat warna kalimat atau kata kunci tertentu menjadi samar dengan cara memadukan warna kata (kalimat) tersebut sama dengan warna background. Sehingga trik atau teknik ini di anggap sebagai sebuah tindakan illegal dan berbahaya bagi kemajuan blog kedepannya.

5. Cloaking Pages (Doorway)
Merupakan sebuah teknik yang di lakukan dengan cara menyembuyikan alamat asli sebuah halaman. Jadi ketika kita berkunjung pada sebuah situs dan mendapati artikel terkait yang berupa link atau url yang berisikan kata kunci, maka bisa di pastikan pemiliknya memakai cloaked pages. Cloaking Pages (Doorway) sebenarnya merupakan sebuah fitur tertentu yang tersemat pada template yang berfungsi untuk memanipulasi suatu halaman website atau situs. Di lakukan dengan cara menambahkan kode khusus yang dapat mendeteksi, apakah pengunjung situs tersebut berasal dari Search engine atau manusia.

Jika visitor terdeteksi berasal dari mesin pencari (search engine) maka situs otomatis akan mengarahkannya ke halaman khusus yang berisi kumpulan kata kunci sebaliknya jika pengunjung yang terdeteksi manusia,maka ditampilkan halaman yang asli.

Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan tentang Berbagai Macam Teknik Black Hat SEO Yang Berbahaya Bagi Blog semoga bisa menjadi salah satu media pembelajaran bersama yang bisa mendatangkan manfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Berbagai Macam Teknik Black Hat SEO Yang Berbahaya Bagi Blog"