Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Keyword Beserta Contohnya

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Keyword Beserta Contohnya - Sebagai seorang blogger teman-teman pastinya sudah familiar dengan yang namanya keyword. Keyword itu penting dan berguna terutama untuk SEO. Dimana dengan kemampuan memilih kata kunci yang tepat setiap kali menulis artikel dapat memberikan efek yang dahsyat terutama mendatangkan traffik berlimpah dari mesin pencari. Karena itulah banyak istilah-istilah keyword yang sering kita dengar salah satunya “Riset Keyword”.  Secara umumnya aktivitas ini di tujukan untuk mencari dan membidik kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang di posting bisa berada pada peringkat terbaik yaitu halaman utama hasil pencarian.

Banyak blogger pemula yang mencari informasi tentang cara riset keyword dan sudah mempraktekkannya sesuai dengan petunjuk master  yang mereka percaya tapi apa yang terjadi ? Apakah artikel yang mereka buat dengan riset keyword bisa muncul di halaman pertama ? Belum tentu.

Mengapa demikian ?

Melakukan riset keyword tanpa di dasari pengetahuan tentang kata kunci (keyword) sama saja bohong. Sebagai ilustrasi coba anda bayangkan, anda tidak mengerti atau mengenal sama sekali tentang komputer. Kemudian anda disuruh melakukan instalasi hanya berbekal buku petunjuk, apakah bisa di pastikan instalasi dapat berjalan dengan sukses. Tentu saja tidak. Bagaimana mungkin bisa sukses kalau fungsi tombol, istilah dan bagian-bagian penting komputer saja anda tidak mengetahuinya. Hal ini juga berlaku ketika anda melakukan riset keyword ?

Defenisi-Fungsi-contoh-dan-Jenis-Keyword
Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Keyword Beserta Contohnya

Jadi sebaiknya sebelum anda bermain dengan keyword (kata kunci), terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang beberapa hal penting berikut:

 Apa itu Keyword (kata kunci) ?
Apa fungsi keyword (kata kunci)?
Ada berapa macam atau jenis keyword ?

Tanpa perlu banyak basa-basi lagi mari kita pelajari pengetahuan dasar tentang kata kunci, yang berupa pengertian, fungsi dan jenis-jenis keyword berikut.

PENGERTIAN KEYWORD ATAU KATA KUNCI

Keyword (kata kunci) adalah suatu susunan kata yang sering diketikkan seseorang saat melakukan pencarian data atau informasi yang mereka butuhkan di internet. Kata-kata inilah yang disimpan dan digunakan oleh mesin pencari untuk menganalisa kebutuhan manusia (Pengguna Internet). Jadi, keyword juga bisa di artikan sebagai kata-kata umum yang dipikirkan manusia saat mereka membutuhkan sesuatu. 

FUNGSI KEYWORD (KATA KUNCI)

Berdasarkan fungsinya keyword dapat memberikan maanfaat diantaranya:

Fungsi Keyword #1. Bagi mesin
Bagi mesin pencari (robot), dengan adanya kata kunci mesin pencari dapat lebih mudah menemukan dan menampilkan informasi yang benar-benar relevan dengan apa yang di butuhkan oleh pengguna internet.

Fungsi Keyword #2. Bagi blogger
Dengan kata kunci yang tepat dan tertarget memungkinkan artikel yang di buat bisa tampil di halaman depan hasil pencarian. Hal ini dapat memberikan efek positif terhadap jiwa dan mental blogger yang bersangkutan. Mengapa ? Jika artikel yang telah ditulis dan di publikasikan mampu memenangkan persaingan dengan blogger lainnya dalam hasil pencarian dan berhasil duduk di halaman pertama, merupakan suatu pencapaian yang luar biasa yang dapat memberikan kepuasan batin dan dapat meningkatkan semangat ngeblognya.

Fungsi Keyword #3. Bagi blog
Jika blog di olah oleh blogger yang yang mengerti dan memiliki pemahaman yang cukup tentang kata kunci, kemungkinan blog mendapatkan peringkat tinggi terbuka lebar. Selain itu blog yang berisikan artikel yang berkualitas dengan kata kunci yang tertarget bisa selalu eksis dengan tampil di halaman utama pencarian. Blog yang seperti ini lama-kelamaan akan jadi terkenal. Bahkan jika blog mampu berada di halaman pertama untuk setiap kata kunci yang di target penulisnya, bukan tidak mungkin blog tersebut bisa di hargai mahal, sehingga mampu menghasilkan banyak uang. 

JENIS ATAU MACAM-MACAM KEYWORD (KATA KUNCI)
Berdasarkan beberapa kriteria dan sudut pandang yang berbeda keyword (kata kunci) dapat di klasifikasikan manjadi beberapa jenis atau kelompok.

Macam-Macam Keyword Berdasarkan Kata
Kata kunci berdasarkan jumlah kata dapat di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Short Tail Keyword (kata kunci pendek), kata kunci jenis ini di katakan pendek karena maksimal jumlah kata adalah dua buah.

Contoh keyword Short Tail:
Rumah Murah
Tips Kesehatan
Cara Belanja
Spesifikasi HP, dan lain-lainnya.

Kelebihan 
Jumlah pencariannya sangat besar

Kekurangan
- Persaingannya sangat berat.
- Kemungkinan bisa muncul di halaman pertama kecil.
- Hasil yang diberikan kurang relevan dengan kebutuhan pengguna

2. Long Tail Keyword (kata kunci panjang) merupakan penyempurnaan Short tail keyword. dengan membahkan beberapa kata kunci yang berkaitan namun tetap enak dan nyaman di baca. Khusus bagi blogger pemula atau blog baru jenis keyword ini sangat bagus dan di anjurkan oleh para webmaster.

Kelebihan
  • Kita bisa membidik beberapa keyword sekaligus, sehingga kesempatan artikel kita muncul dengan berbagai kata kunci yang berbeda lebih besar.
  • Kemungkinan memenangkan persaingan dengan blogger lain juga lebih besar bahkan dengan menggunakan kata kunci jenis ini blog yang baru di bangun juga memiliki kesempatan untuk mengalahkan blog yang sudah populer dengan kata kunci yang sama..
  • Lebih bermanfaat bagi pembaca 
  • Lebih mudah ditemukan mesin pencari
Kelemahan
Keyword jenis ini sering terihat aneh, jika dilakukan oleh blogger pemula.

Contoh Long Tail Keyword
Jenis- jenis produk google paling populer dan fungsinya
Fitur mengagumkan android kitkat 5.0
Cara mudah mendaftar adsense via youtube, dan sebagainya.

Macam-Macam Keyword Berdasarkan Waktu
Keyword berdasarkan waktu yang admin maksudkan disini adalah keyword yang memiliki danfak terhadap traffik blog berdasarkan batas waktu tertentu. Apa saja jenis keyword berdasarkan waktu, berikut ulasan singkatnya.

A. Keyword Abadi (kata kunci abadi), merupakan jenis kata kunci yang tidak habis dan usang dimakan waktu (perubahan jaman), jenis keyword ini tetap bisa eksis dari waktu ke waktu dan tetap bisa mendatangkan pengunjung walaupun sudah di posting pulahan tahun lamanya. 

Contoh Keyword abadi:
Obat jerawat alami
Tips diet alami
Cara memgobati rambut rontok

B. Keyword Musiman (kata kunci yang di cari hanya pada saat tertentu saja). Dengan menggunakan keyword jenis ini kita bisa mendapatkan ledakan pengunjung tapi efek yang di berikan singkat. jika teman-teman merupakan seseorang yang sangat Update dengan kejadian-kejadian yang lagi hot, baru, dan jadi trending topik setiap saat sangat dianjurkan untuk mengunakan Keyword musiman ini.

Contoh Keyword musiman:
Hasil pertandingan Arsenal dengan buyern munchen 2016
Juara liga italia 2016
Pemain terbaik Liga Italia 2016

Macam-Macam Keyword Berdasarkan Pemirsa
Keyword berdasarkan pemirsa ini di golongkan atau dikelompokkan berdasarkan manfaat dan tingkat kebutuhan pengguna.

1. Keyword Umum
Keyword umum merupakan jenis kata kunci yang dapat menjangkau semua orang. Artikel yang ditulis dengan kata kunci jenis ini dapat mendatangkan pemirsa atau pengunjung dari berbagai golongan. 

Contoh Kata Kunci Umum
Cara Meningkatkan Kecepatan Internet.
Cara Mengobati Sakit Kepala

2. Keyword Khusus
Keyword khusus merupakan jenis keyword yang memiliki target (pengunjung) secara khusus, informasi yang diberikan hanya dibutuhkan oleh orang-orang tertentu saja. 

Contoh kata kunci khusus
Cara meningkatkan penghasilan adsense
Cara memikat cewek

Sebenarnya masih banyak lagi jenis keyword/Kata kunci yang tersebar di internet, tapi yang umum dan penting untuk di ketahui adalah kata kunci di atas. Dengan mengetahui pengertian, fungsi dan jenis-jenis keyword di atas sekarang admin yakin teman-teman sudah bisa memikirkan kira-kira kata kunci seperti apa yang paling tepat untuk blog yang agan-aganwati kelola saat ini. Sehingga selain memberikan manfaat bagi yang membaca kita juga mendapatkan keuntungan.

Sampai disini dulu pembahasan tentang "Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Keyword Beserta Contohnya" semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat mengantarkan anda menuju kesuksesan dalam membuat artikel yang berkualitas, sehingga bisa nampil si halaman utama google. Jika teman-teman punya saran yang bermanfaat silakan berkomentar, dan jangan lupa share ya.

Terima kasih.

10 komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Keyword Beserta Contohnya"

  1. Banyak sekali jenis keywordnya mas, yang bagus buat pemula seperti saya menurut mas budi yang mana ? Tolong rekomendasinya, biar saya juga bisa menulis artikel page one seperti punya mas ini.

    Salut sama mas budi, ngakunya blogger pemula tapi hampir semuanya page one dengan berbagai variasi kata kunci...bagi-bagi dong resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. keyword long tail kesempatan muncul lebih besar, tapi saran saya gunakan kombinasi...

      Hapus
  2. Terima kasih, info tentang keywordnya lengkap bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, tapi pembahasan di atas belum lengkap banget mbak karena masih banyak jenis kata kunci lainnya yang di bahas secara terpisah

      Hapus
  3. untuk memperbesar peluang memenangkan persaingan merebut posisi di SERP sepertinya bagus memakai long tails keyword, apalagi jika blog masih baru. Bener ngak min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak keyword longtail lebih mudah untuk di optimasi, dan peluang blog kita muncul juga lebih besar

      Hapus
  4. keyword sangat membantu dalam seo, menemukan keyword yang tepat itu sangat susah yah.
    www.tempatbengkellasjogja.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Bagus gan sangat bermanfaat

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.