Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips & Trik Mengoptimalkan Blog Di Google Webmaster Tool

Tips & Trik Mengoptimalkan Blog Di Google Webmaster Tool - Halo sahabat Blog Tips & Trik, kali ini admin akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan blog, web atau situs yang di kelola melalui Google Webmaster Tool. Webmaster Tool merupakan salah satu produk google yang disukai dan dijadikan alat wajib bagi blogger  untuk mamaksimalkan posisi situs web/blog di search engine.

Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan kenerja situs kita, dimana dengan melakukannya dipercaya dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kemajuan, perkembangan serta meningkatkan persentase keberhasilan blog (web, situs) dalam persaingan merebut posisi terbaik pada SERP.

Google Webmaster Tool dapat digunakan untuk mengelola atau memanajemen situs (blog, web) yang kita miliki. Apa saja yang bisa di setting pada webmaster tool ? Disini kita dapat melakukan setting segala hal yang berkaitan dengan blog. Diantaranya lalu lintas, pengindeksan, kesehehatan, dan berbagai hal penting lainnya yang mempengaruhi performa blog. Dimana semua pengaturan itu merupakan faktor-faktor penting dalam menentukan mulus tidaknya perjalanan sebuah web dalam mencapai tujuannya.

Tips & Trik Optimasi Blog Di Google Webmaster Tool
Tips & Trik Optimasi Blog Di Google Webmaster Tool

Karena itulah penting bagi teman-teman mengetahui apa saja fitur  pada google webmaster tool yang harus dioptimasi dan dirubah supaya traffik blog bisa meningkat.  Kalau sedikit saja kita melakukan kesalahan dalam merubah settingan pada webmaster tool bisa berkibat fatal nantinya.

Sebenarnya hanya dengan menggunakan trik pemasangan kata kunci dan mengoptimalkan Meta Tag pada Meta Data memiliki pegaruh yang besar terhadap mesin pencari, namun hal ini tidak akan maksimal jika tidak di dukung dengan kinerja Webmaster Tool yang teroptimasi dengan baik. Lalu apa saja settingan yang harus anda perhatikan dan gunakan pada webmaster tool? Berikut ulasannya.

Tips & Trik Mengoptimalkan Blog Di Google Webmaster Tool


1. Submit Beberapa Sitemaps
Submit Beberapa Sitemaps sebagai cadangan, hal ini perlu dilakukan agar blog/situs/web  dapat lebih mudah dijelajahi oleh robot mesin pencari google (spider). Mengapa perlu melakukan ini ? karena pengindeksan (proses index) tidak selamanya berhasil melalui satu sitemap, sehingga apabila kita memakai beberapa sitemaps sebagai jalan yang mengarahkan spider pada halaman blog apabila jalur satu rusak robot tetap bisa mengakses dan menjeajahi web dengan baik melalui jalan lainnya.

Berikut beberapa format sitemaps cadangan yang bisa teman-teman gunakan sebagai peta situs alternatif (khusus blogger) jika sewaktu-waktu diperlukan.

 Atom.xml
 Rss.xml
 Feeds/posts/default
 Feeds/posts/default?alt=rss

Cara membuat Format Feed Cadangan (Sitemaps) di Webmaster Tool:

1. Login ke google webmaster tool
2. Pilih menu crawl
3. Klik sitemaps
4. Lalu klik tombol ADD/TEST SITEMAPS
5. Tambahkan salah satu format feed di atas pada kolom yang disediakan, klik test untuk menguji apakah peta situs dapat di akses oleh googlebot atau tidak. Atau bisa langsung klik submit.

2. Pilih Target Geographic
Menentukan target geographic dapat meningkatkan hasil penelusuran secara tertarget pada suatu negara. Sehingga kemungkinan besar artikel yang dibuat muncul dihalaman utama pencarian bisa lebih besar, karena dengan menentukan target negara pengunjung blog, secara langsung kita mempersempit area pencarian dan persaingan, serta secara tidak langsung juga meningkatkan kekuatan kata kunci yang dibidik. 

Jadi jika artikel atau bahasa utama blog yang kita kelola menggunakan bahasa indonesia alangkah lebih baiknya menargetkan negara indonesia, karena taget pengunjung blog pasti orang indonesia.

3. Submit Artikel
Untuk mempermudah artikel anda di index oleh google, setiap kali anda membuat posting baru usahakan untuk mensubmit artikel tersebut. Hal ini sangat membantu dan berguna terhadap kemajuan blog, karena dengan melakukan ini web akan lebih mudah dikenali oleh spider google sehingga secara tidak langsung memberikan efek SEO yang lumayan besar.

Memang  tanpa melakukan ini artikel tetap akan dikenali oleh google namun butuh waktu yang cukup lama, sedangkan jika anda melakukan langkah ini artikel anda langsung di index saat itu juga. Sehingga apabila artikel yang dibuat dianggap berkualitas dan original maka besar kemungkinan dalam waktu beberapa menit artikel yang baru disubmit muncul di halaman utama pencarian. 

4. Crawl Error
Perlu diketahui jika sebuah web memiliki banyak link error atau masalah, besar kemungkinan blog akan dianggap kurang berkualitas sehingga mempengaruhi peringkat di SERP, jadi sebaiknya anda selalu mengecek error pada situs anda dan segera memperbaikinya sebelum jumlahnya terlalu banyak, karena buruk akibatnya terhadap tingkat kepercayaan search engine pada blog/web/situs kita. 

Demikianlah sedikit ilmu dari saya, tentang  tips & trik mengoptimalkan kinerja blog melalui google webmaster tool yang perlu kita lakukan guna menunjang dan memantapkan keberadaan blog di SERP. Semoga bisa bermanfaat terutama bagi blogger pemula. Karena keterbatasan pengetahuan yang admin miliki mungkin dari informasi yang telah disampaikan di atas masih banyak kesalahan atau kekeliruan untuk itu sudi kiranya teman-teman master untuk memberikan masukan yang berguna bagi admin dan pengunjung setia blog tips & trik pada kolom komentar di bawah ini. Akhir kata terima kasih atas kunjungannya.

5 komentar untuk "Tips & Trik Mengoptimalkan Blog Di Google Webmaster Tool"

  1. Sebelumnya maaf nih mas @Muhamad budiman, sepertinya masih ada yang kurang dari penjelasan di atas. Jadi disini saya ingin menambahkan cara untuk mengoptimalkan blog di google webmaster tools lainnya adalah dengan cara mengatasi duplikat konten melalui menu penyempurnaan...

    Terima kasih atas pentunjuknya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, masukan yang sangat bermanfaat.

      Hapus
  2. Mas saya ingin bertanya nih!
    Sebenarnya apa sih fungsi dari sub menu
    Tautan ke situs anda
    di gwt?

    makasih mas telah memberikan informasi yang sangat membantu
    saya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tautan ke situs anda di gwt itu berisikan info situs yang memberikan link balik atau backlink ke situs sobat. Jadi jika ingin melihat web mana saja yang memberikan backlink atau sumber backlink yang sobat dapatkan silahkan agan ekplor menu ini.

      Terima kasih.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.