Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Produk Google Paling Populer dan Fungsinya

14 Macam Produk Google Paling Populer dan Fungsinya – Seperti yang kita ketahui sebagai raksasa teknologi dunia, google memiliki banyak sekali produk yang bermanfaat bagi semua penggunanya. Baik itu yang berbayar maupun yang gratisan. Akan tetapi, tidak semua produk google itu di kenal secara luas.untuk itulah dalam kesempatan baik ini Admin ingin berbagi sedikit informasi yang berkaitan dengan Produk Google terutama yang paling terkenal, dan tentunya gratis. Dalam artikel ini Admin akan memberikan ulasan singkat mengenai product atau layanan gratis dari google yang paling banyak di gunakan atau bisa di sebut popular khususnya di indonesia, dan memberikan banyak manfaat bagi yang mengunakannya. Layanan gratis ini memiliki fungsi yang berbeda serta memiliki beberapa fitur unggulan yang cukup menarik. Tidak perlu panjang lebar langsung saja kita simak materi pembahasannya di bawah ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Macam-Macam Produk Google Paling Terkenal (Populer) dan Fungsinya


Produk Google Paling Terkenal (Popular)#1. Blogger

Blogger merupakan salah satu tempat membuat blog gratis terbaik dan paling banyak di pakai oleh hampir semua orang di seluruh dunia, alasannya blog yang di buat di blogger lebih bersahabat dengan mesin pencari, terutama google yang merupakan raja pencarian, selain itu blogger atau blogspot, juga lebih seo, mudah di aplikasikan, dan masih banyak lagi kelebihan dan keunikan lainnya. Blogger dulunya dimiliki oleh pyra lab, namun sekarang sudah berpindah tangan menjadi milik google tepatnya tahun 2002. Walaupun bersifat gratis blogspot mampu bersaing dengan blog berbayar karena fitur yang di berikan sangat banyak. Jadi, bisa di bilang blogger itu gratis tapi mempunyai kualitas premium.

 Baca juga info penting lainnya : Manfaat dan keuntungan jadi blogger

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#2. Youtube

Zaman sekarang ini siapa yang tidak mengenal youtube boleh di katakan hampir semua orang tau dan mengenalnya paling tidak mendengar namanya saja orang sudah tau kalau youtube itu tempat nonton, upload, berbagi dan download video gratis. Walaupun demikian masih banyak yang tidak mengetahui kalau tempat (Youtube) ini dulunya di buat dan di bangun oleh mantan pegawai paypal kalau tidak salah pada tahun 2005. Kemudian pada bulan November 2006 youtube berpindah tangan menjadi anak perusahaan google.  Yang berlokasi di San Bruno, California.

youtube - produk google populer

Untuk menunjang performa pemutaran video dan memberikan kenyaman bagi penonton (user) youtube menggunakan teknologi Adobe Flash video dan HTML 5. Untuk jenis video,  youtube mendukung dua jenis konten yaitu video buatan pengguna dan video amatir.

Video buatan pengguna, contoh klip film, klip TV, dan video musik.
Video amatir, seperti video blog, video asli pendek, dan video pendidikan

Kelebihan youtube
  1. Gratis, semua orang bisa membuat akun youtube secara gratis. 
  2. Video yang di upload di youtube dapat muncul di google search dengan mudah dan mampu bersaing dengan artikel (Web/Blog).
  3. Lebih familiar (banyak digunakan orang).
  4. Bersahabat dengan mesin pencari google.
  5. Dapat menjadi ladang uang.
  6. Aman, khususnya bagi pengguna di bawah umur karena youtube akan mengunci video yang berisi konten ofensif (+18, pembunuhan, dll)  dan baru bisa ditonton setelah melalui proses verifikasi  umur terlebih dahulu (18 tahun atau lebih), dan lain sebagainya.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#3. Gmail

Gmail merupakan salah satu produk unggulan google yang menjadi primadona khususnya bagi pengguna internet. Yang satu ini merupakan syarat penting dan syarat utama untuk mendaftar dan memiliki berbagai product gratis google lainnya. Tanpa gmail maka jangan pernah berharap bisa membuat akun/product google.  Jadi,  jika anda ingin memiliki atau membuat akun google terlebih dahulu silakan anda buat akun gmail (Google Mail). 

Lalu apa sih fungsi gmail ?

Sama seperti email keluaran provider lainnya gmail adalah salah satu media yang memungkinkan kita berkirim surat secara elektronik atau online kepada siapapun di berbagai penjuru dunia secara gratis.

gmail

Bukan hanya gratis, cepat, kapasitas yang besar, mudah di gunakan, tapi gmail juga menyediakan satu  fitur unggulan lainnya yang tidak bisa kita temukan di platform email gratis lainnya. Apa itu ? Mungkin dari teman yang sudah akrab dengan yang namanya email sudah tau, tapi agar yang belum tau tidak penasaran admin akan memberitahukannya. Satu fitur gmail yang tidak bisa kita temukan di platform email gratis lainnya adalah “google terjemah”.  Fitur satu ini sangat membantu dan bermanfaat  jika anda suka berkirim surat dengan orang yang berbeda bahasa, anda tidak perlu membuka google translete untuk membaca email yang anda terima tapi cukup melakukan setting di dashboard gmail maka semua pesan akan otomatis di terjemahkan kedalam bahasa yang kita mengerti.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#4. Adsense

Adsense merupakan salah satu program periklanan berbentuk PPC (Pay Per Click) yang dimiliki oleh google. Yang memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bekerja sama dan menghasilkan banyak uang. Selain itu Adsense merupakan salah satu program PPC yang paling banyak digunakan, di dambakan dan di gandrungi semua orang. Termasuk admin. Akan tetapi, walaupun menjadi mitra Adsense itu gratis dan terbuka luas untuk masyarakat umum. Menjadi mitra google adsense itu lumayan sulit (Khususnya Adsense Blog). 

Setelah proses pengajuan atau pendaftaran menjadi mitra adsense di setujui,  kita bisa menampilkan iklan pada blog atau channel youtube yang di miliki. Kita akan mendapatkan penghasilan jika ada pengunjung blog atau penonton video youtube mengklik iklan dari adsense. Dengan sistem bagi hasil (google-Pemilik Blog/Youtube).

Produk google populer - Adsense

Bukan hanya menayangkan iklan pada blog atau channel youtube adsense juga menyediakan beberapa cara lainnya untuk menghasilkan uang di internet, seperti:

AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) 
Kita dapat menghasilkan uang kalau ada pengunjung melakukan pencarian menggunakan kotak pencarian yang kita pasang pada blog dan mengklik iklan yang tampil.

Iklan arahan (Referral).
Kita akan mendapatkan bayaran apabila ada seseorang mengklik iklan dan melakukan suatu tindakan tertentu sesuai dengan kesepakatan google dengan pengiklan, Dan lain sebagainya.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#5. Google Webmaster Tool 

Google webmaster tool merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat bagi webmaster (pemilik situs) untuk mengoptimalkan situs yang di kelola atau melakukan optimasi mesin pencari. 

Dengan tool ini kita bisa mengetahui, mengoptimalkan dan menjaga kesehatan situs, kata kunci yang populer, jumlah artikel yang terindex google, backlink, dan lainnya.  Pokoknya sayang sekali jika sebagai pemilik blog anda tidak memanfaatkan salah satu tool gratis ini.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#6. Google Analitycs

Google analytics merupakan  salah satu fitur gratis dari google yang wajib dimiliki setiap blogger. Yang berfungsi membantu pemiliki situs atau web mengamati kinerja situs yang di kelola. Banyak sekali fitur yang bermanfaat yang bisa kita dapatkan dengan product ini. Google analytics memberikan informasi yang sangat rinci. Hal ini terjadi karena  Google Analytics  menelusuri dan memberikan informasi pengunjung berdasarkan halaman perujuk, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan PPC, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. 

Sehingga pengguna (pemilik situs/webblog) dapat dengan mudah mengetahui jenis iklan atau kata kunci apa yang paling banyak di baca dan menghasilkan traffik. Hal ini dapat membenatu kita untuk meningkatkan kinerja situs yang dikelola.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#7. Google Keyword Planner

Keyword planner cukup populer dan banyak di gunakan oleh blogger yang berpengalaman. Sebenarnya tool ini berfungsi untuk meriset kata kunci iklan adword tapi dalam pengunaannya ternyata tool satu ini juga sangat manjur untuk mencari, dan meriset kata kunci yang tepat sebelum menulis artikel untuk optimasi seo.  Hal ini perlu di tempuh untuk memaksimalkan kekuatan kata kunci di mata mesin pencari, sehingga artikel yang di buat bisa muncul di page one google.  Sebenarnya masih banyak tool lain untuk melakukan riset kata kunci tapi nanti akan admin bahas secara terpisah.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#8. Google + atau Google Plus

Google+ atau Google Plus merupakan salah satu situs media sosial cukup populer dan keren yang di kendalikan oleh google. Yang di buat untuk menyaingi facebook , mulai beroperasi pada 28 Juni 2011. 

Selain berfungsi sebagai jaringan sosial sebagaimana facebook, google plus memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dalam mendongkrak kepopuleran suatu web/blog sehingga banyak sekali para blogger menggunkan situs ini.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#9. Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang sangat banyak di gunakan baik hanya untuk melakukan pencarian atau aktivitas mengakses internet lainnya. Selain loadingnya cepat, tampilannya simple, bahasa di sesuaikan langsung dengan daerah pengguna, web browser keluaran google ini juga sangat aman. Dalam prosesnya Google Chrome mengunakan mesin Rendering WebKit. Mendukung berbagai bahasa di seluruh dunia.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#10. Penelusuran Google (Search Engine Google)

Dari pertama kali di perkenalkan sampai sekarang produk google yang satu ini (Penelusuran Google -Search Engine Google) tetap menjadi primadona setiap orang untuk mengexplore internet, dan mampu mengalahkan kepopuleran search engine lainnya seperti yahoo (bing) mesin pencari buatan Microsoft. Sampai sekarang banyak sekali perubahan yang dilakukan google  semata-mata untuk meningkatkan kepercayaan, dan kenyamanan penggunanya.  Banyak orang menyukai dan selalu mengutamakan google seacrh untuk melakukan pencarian di internet karena proses pencariannya sangat cepat, banyak referensi, hasil yang di berikan relevan dan masih banyak lagi fiitur lainnya.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#11. Google Drive

Sama halnya seperti Ziddu, mediafire atau 4share dan situs top lainnya, Google drive merupakan salah satu penyedia fasilitas penyimpanan gratis secara online yang di berikan oleh google. Layanan penyimpanan online gratis ini mulai dikenalkan kepada umum 24 April 2012.  Anda dapat menyimpan file dalam bentuk apapun disini, seperti video, photo, script, dan lainnya. Tidak perlu takut cepat penuh karena kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan lumayan besar yaitu 15 GB dan dapat di tingkatkan menjadi lebih besar dengan melakukan pembelian.

Produk google populer - Google drive

Google drive juga memiliki fitur unggulan yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop (Desktop Sync Clients) dan yang terpenting sekarang google drive sudah terhubung dengan banyak aplikasi pihak ketiga. Sehingga pengunaanya lebih maksimal.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#12. Google Play

Google play merupakan salah satu tempat favorit bagi orang yang suka download aplikasi, game, atau lainya secara gratis dan berbayar. Product atau layanan google ini dapat di akses melalui berbagai media seperti android (google play store), Web, dan google TV. yang mulai di publikasikan kepada khalayak umum Maret 2012.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#13. Google Terjemah

Google terjemah atau google translete merupakan salah satu bukti kalau google benar-benar ingin memberikan pelayanan terbaik untuk semua orang. Hal ini menunjukkan kalau google mengetahui tidak semua orang memiliki kemampuan atau pemahaman dalam mengunakan bahasa asing. Sesuai dengan namanya Layanan gratis satu ini dapat kita gunakan untuk menerjemahkan kata asing (bahasa asing) yang tidak atau belum kita mengerti. Bukan hanya mampu menerjemahkan satu dua atau kata google terjemahan bisa juga di gunakan untuk menerjemahkan dokumen ke berbagai bahasa negara yang di inginkan.

Produk Google Paling Terkenal (Popular)#14. Android

Hampir semua orang mengenal sistem operasi android yang merupakan salah satu pruduk terbaik Google yang banyak digunakan oleh masyarakat luas. Os Android ini dulunya di kembangkan oleh Android. Inc,  tapi sejak tahun 2005 sudah berpindah kepemilikannya ketangan google kemudian secara resmi di luncurkan pada tahun 2007.  Android ini dikenal sebagai sistem operasi untuk ponsel pintar (Smart Phone) yang masih populer hingga sekarang.  Kerennya lagi  sampai saat ini Android masih menguasai pangsa pasar dalam kategori ponsel pintar secara global. Selain itu Android juga memberikan banyak kemudahan yang memberikan efek (pengaruh) yang besar terhadap berbagai hal dalam kehidupan. Contohnya bidang pendidikan, ekonomi, bisnis dan lain sebagainya.

Jika sobat merasa apa yang telah di sajikan di atas mengandung manfaat tolong bagikan kepada teman-teman yang lain dan berikan komentar terbaik anda pada kolom komentar di bawah ini, yang sesuai dengan materi, sehingga semangat admin dalam menulis dapat meningkat.

Admin sudahi dulu sampai disini semoga pembahasan  tentang 14 Jenis Produk Google Paling Populer dan Fungsinya dapat menambah wawasan kita bersama, jika ada kesalahan informasi, tulisan atau apapun itu yang terdapat pada artikel ini admin “Blog Tips & Trik” secara pribadi mohon maaf.

Sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya...

17 komentar untuk "14 Produk Google Paling Populer dan Fungsinya"

  1. Sip...info bermanfaat. tp kok adwords gak masuk ya ?

    BalasHapus
  2. Adwords berbayar mbak jadi tidak dimasukkan.

    BalasHapus
  3. Posisi di atas di susun berdasarkan apa mas bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling banyak di bahas di blog-blog populer, jadinya admin anggap populer.

      Hapus
  4. Dari produk google populer di ats, yang sering mas pakai yang mana ?
    dan untuk google+ lebih bagus mana di banding facebook ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua produk google di atas saya gunakan. Kalau bagus mana google+ dan facebook, tergantung dari sisi mana mbak melihatnya. Jika dari sisi kualitas backlink menurut saya bagusan Google tapi dari segi trafik facebook.

      Hapus
  5. Semoga produk google populer semuanya gan, dan blog ini juga..adminnya hebat dengan blog seumur jagung hampir semua artikel yang ada nampil di pajeone..selamat ya min.

    saya ngak nyangka ketika saya mengunjugi blog ini dan lihat halaman about ternyata baru berumur kurang dari 2 minggu.

    Terus berkarya dan semangat berbagi hal yang bermanfaat..salam bogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas doa, masukan, dan kunjungannya.

      Hapus
  6. Google Product is the best..

    BalasHapus
  7. Saya suka ini membantu
    Sekali

    BalasHapus
  8. Google selalu membantu
    Saya suka produk google

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan, Google memang yang terbaik dan selalu memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya.

      Hapus
  9. Belajar dan bekerja dg google terasa asyik dan menyensngkan

    BalasHapus
  10. Terimakasih gan atas informasinya, dapat membantu membuat blog

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.