Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog/Situs/Web

2 Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog/Situs/Web - Pada pembahasan sebelumnya admin sudah membahas bagaimana cara mengoptimalkan blog pada webmaster tools, salah satu tips rahasianya adalah dengan menentukan target negara pengujung blog. Penentuan target negara pada webmaster tools sangat penting agar webmaster dapat memberikan sinyal lebih besar kepada google mengenai negara atau lokasi yang jadi fokus pembuatan blog. Sehingga kekuatan blog di mesin pencari google jauh lebih besar, dan kemungkinan memenangkan persaingan di SERP terbuka lebih lebar karena dengan melakukan ini kita telah mempersempit lokasi persaingan sehingga otomatis memperluas kesempatan web/situs kita untuk menang dan muncul di halaman utama hasil pencarian.

Sebenarnya menentukan target negara pengunjung blog bukanlah suatu keharusan, karena google sudah otomatis meredirect  Search engine_nya berdasarkan ID Negara pengguna. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi.

2 cara menentukan negara target pengunjung blog-web-situs

Namun banyak para webmaster meyarankan untuk menentukan target negara pengujung agar blog jadi lebih SEO dan memiliki kinerja yang optimal, karena blog dengan pengunjung yang tertarget jauh lebih baik di mata search engine terutama milik google. 

Banyak juga kabar yang admin dengar  katanya blog bahasa indonesia yang tidak di setting negara target jauh lebih sulit bersaing dengan web/situs yang sudah di atur negara targetnya yaitu indonesia di google.co.id, jadi jika konten utama situs menggunakan bahasa indonesia lebih baik mengatur negara target indonesia agar peluang muncul di halaman utama pencarian google.co.id jauh lebih besar. 

Untuk menjadikan suatu negara sebagai fokus atau tujuan utama target pengunjung blog, anda dapat melakukannya  dengan 2 cara. yaitu, melalui webmaster tools dan penambahan meta tag pada template blog. Jika teman-teman ingin memfokuskan target visitor dari negara tertentu bisa ikuti panduan merubah target negara pengunjung di bawah ini:

2 Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog/Web/Situs


Cara Pertama Menentukan Target Negara Pengunjung Melalui Google Webmaster Tools
Untuk menentukan negara target pengunjung melalui  webmaster tools anda terlebih dahulu harus mendaftarkan blog dan memverifikasinya di google webmaster tools, jika hal ini sudah teman-teman lakukan langkah penentuan target negaranya adalah sebagai berikut: 
  • Silahkan anda akses/login terlebih dahulu ke google webmaster tools.
  • Setelah masuk silahkan klik web/blog yang akan di setting atau di atur negara targetnya.
  • Pada menu sebelah kanan pilih Search Traffic >>> International Targeting >>> Country
  • Klik kotak kecil di sebelah tulisan target users in untuk mengaktifkan negara pilhan target situs.
  • Setelah negara target aktif silakan teman-teman pilih negara mana yang ingin di jadikan target utama blog.
  • Terakhir klik Save.
  • Selesai, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

menentukan negara target pengunjung blog pada webmaster tool

Dengan melakukan langkah-langkah di atas sekarang situs anda jauh lebih seo dengan pengunjung yang lebih tertarget. Namun melalui pengaturan yang ada pada webmaster tools di atas kita hanya bisa menentukan target sebatas satu negara saja. Karena itulah jika teman-teman ingin menjadikan beberapa negara (lebih dari satu) sebagai terget pengunjung blog yang di bangun bisa menggunakan cara kedua berikut. Yaitu dengan menambahkan meta tag pada template.

Cara Kedua Menentukan Target Negara Pengunjung Blog/Web/Situs Menggunakan Meta Tag 
Dengan memakai trik kedua ini kita bisa menjadikan beberapa negara sebagai target, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silakan teman-teman login terlebih dahulu ke akun blogger atau disini.
  • Pada dashboard tepatnya pada menu sebelah kiri pilh TEMPLATE >>> Edit HTML
  • Lalu cari kode <head>, setelah ketemu pasang kode meta tag seperti di bawah ini tepat di bawah kode <head> atau berjajar dengan kode meta tag yang sebelumnya telah ada pada blog/web yang teman-teman miliki.
<meta name="geo.region" content="ZW" />
<meta name="geo.position" content=" -19.015438; 29.154857" />

Ganti ID dan Geo Position dengan negara tujuan atau target. 

Contoh jika anda ingin menjadikan 5 negara sebagai target  “United State (USA), United Kongdom (Inggris), Jerman, Canada, France (perancis)” maka kode meta tagnya adalah sebagai berikut:

<meta content='US' name='geo.region'/>
<meta content='37.09024;-95.712891' name='geo.position'/>
<meta content='GB' name='geo.region'/>
<meta content='55.378051;-3.435973' name='geo.position'/>
<meta content='DE' name='geo.region'/>
<meta content=’51.165691; 10.451526' name='geo.position'/>
<meta content='CA' name='geo.region'/>
<meta content='56.130366;-106.346771' name='geo.position'/>
<meta content='FR' name='geo.region'/>
<meta content='46.227638;2.213749' name='geo.position'/>

Demikianlah 2 cara menentukan negara target pengunjung  blog/web, semoga mudah di mengerti dan bermanfaat. Namun jika anda ingin website anda bersaing secara global maka tutorial di atas tidak perlu anda lakukan. Terima kasih atas kunjungannya...jika ada pertanyaan silakan masukkan pada kolom komentar di bawah

44 komentar untuk "2 Cara Menentukan Target Negara Pengunjung Blog/Situs/Web"

  1. Apakah menentukan target negara visitor dapat meningkatkan posisi blog di SERP gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara logika ya, karena dengan memasang target negara kita telah mempersempit lokasi persaingan jadi otomatis posisi di SERP juga akan berpengaruh. Kecuali domain yang berakhiran .id

      Hapus
    2. infonya mantap gan...,
      WTA kalau blog kita domainnya blogspot.co.id bisa gak kalau mentarget negara usa dan pengaruhnya apa ke posisi serp?
      terimakasih

      Hapus
    3. Khusus Blogspot otomatis redirect ke domain negara pengunjung jadi bisa digunakan untuk menargetkan negara mana saja.

      Kalau pengaruhnya pada posisi SERP tergantung bahasa apa yang mas gunakan dalam menulis artikel kalau bahasa inggris maka itu bagus. Tapi, kalau bahasa indonesia menurut saya mubazir karena rasanya ngak mungkin orang USA mengetikkan kata kunci dalam bahasa indonesia. Jadi kesempatan muncul pada hasil pencarian sangat kecil bahkan bisa dikatakan tidak mungkin.

      Terima kasih semoga ini dapat membantu, jika masih ada yang kurang jelas silakan tanya lagi...

      Hapus
  2. Mantap gan. Mohon kunbal nya gan.
    Buat yang pengen patner, tukar informasi seo kunjungi https:iddzgn.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya...dan siap meluncur ke tkp.

      Hapus
  3. Tks gan info menarget pengunjung blog

    BalasHapus
  4. Informasi yang bermanfaat. Saya ingin mempersempit pembaca blog khusu untuk indonesia saja karena menggunakan bahasa indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu lebih bagus, kalau ingin lebih mengoptimalkan google.co.id selain mempersempit area pepersaingan, banyak yang bilang google lebih menyukai dan lebih mengutamakan blog yang menargetkan negara tertentu...semoga blognya lebih sukses.

      Hapus
  5. cara ini berlaku untuk worpress mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk semua flatform, wordpress, blogger, webly, dan blog jenis lainnya

      Hapus
  6. GAGAL GAN, GIMAN CARA PASANGNYA Y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa di atas itu sudah sangat jelas, bagaimana cara memasangnya. Coba perhatikan lagi langkah-langkahnya dan lihat juga gambar, di atas. Mungkin ada yang kelewatan. Terima kasih

      Hapus
  7. Ini yg saya cari-cari artikel mantap .. buat yg cari resep lihat aja di resepreina .. tanks

    BalasHapus
  8. MAS BRO TERIMA KASIH AKAN KAMI OPTIMALKAN INFO DISINI UNTUK JUARAINFO.COM

    BalasHapus
  9. Mas mw tanya, bisa ajari pengaturan sitemap, karena saat saya masukkan xxxxx.Blogspot.com/Sitemap.xml. Diwebmaster sitemap, error 404, bisa bantu mas.. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gunakan sitemap dengan format yang berbeda, sebab dulu saya pernah mengalami hal itu. Untuk tutorialnya lengkapnya silakan mas baca postingan saya yang berjudul "Tutorial cara submit sitemap blog ke google webmaster tools", semoga membantu.

      Hapus
  10. mas, sy mau tanya.. kenapa ya keyword saya di google.co.id ga ada di serp, tp pas yg target amerika ada... dan di negara laen ga ada.. padahal kan sebenernya mw targetin ke semua negara.. anw blog sy berbahasa inggris dan target negara US.. Apakah perlu saya set target negara atau tidak? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau menargetkan semua negara, sebaiknya biarkan polos aja gan. Maksudnya jangan di set pada negara tertentu.

      Hapus
  11. Mas klw u wordprss apa bsa d pasang kodey yg dia atsss....???

    BalasHapus
  12. Terima kasih...
    Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  13. gk bisa gan pas ane coba masukin malah eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setelah memasang kode di atas errors, sebaiknya setting target negara via google search console aja gan. Pasti sukses dan lebih mudah untuk di lakukan.

      Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  14. terimakasih infonya gan, untuk yang pertama dan yang kedua lebih bagus yang mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agan ingin menargetkan hanya satu negara saja, sebaiknya gunakan cara yang pertama. cara ini lebih afdol sebab sudah terintegrasi langsung pada akun google search console. Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  15. Gan, kalo blog saya bahasa Indonesia, tapi penargetan internasionalnya di Singapura itu nggak masalah kan? Karena saya pikir orang Singapura masih ngerti bahasa Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klww menurut saya sih kurang bagus, sebab kesempatan untuk muncul di pencarian wilayah singapura sangat kecil. Rasanya ngak mungkin orang singapura mengetikkan kata kunci pencarian menggunakan bahasa Indonesia.

      Itu hanya pendapat pribadi Admin sih, kalau masalah atau ngaknya itu tergantung agan.

      Saran sih kalau bahasa Indonesia pasang target Indonesia, atau kalau kekuatan daya saing blognya bagus. Lebih baik ngak usah di setting target negaranya gan.

      Terima kasih.

      Hapus
  16. Makasih gan atas infonya, saya juga sependapat lebih baik di target indonesia klo web bahasa indonesia..

    BalasHapus
  17. mantap gan..ane kasih klik sbg ucapan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kash atas kebaikannya gan. Semoga sukses

      Hapus
  18. makasih kak artikelnya bermanfaat. Mantabbb

    BalasHapus
  19. Terimakasih mas informasinya sangat membantu sekali dengan adanya info tentang webmaster ini

    BalasHapus
  20. terimakasih gan bagi pemula seperti ini,untukl menaikkan situs Android Free

    BalasHapus
  21. Untuk webmaster yang baru gimana ya? gk ada fitur penargetan nya..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah cek webmaster baru, sepertinya fitur ini masih belum di tambahkan. Jadi jika agan mau menargetkan ke negara tertentu melalui gsc, silakan agan akses ke mode lama (old version), semoga bisa membantu. Jika masih bingung silakan tanyakan lagi. Terima kasih.

      Hapus
  22. Owhh gitu ya gan, setelah di cek ternyata blog ane targetnya internasional hhaa, thanks ya gan

    BalasHapus
  23. Mantap mas imfonya. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  24. Makasih kak, aku udah coba cara pertama, pake webmaster tapi pengunjung kebanyakan dari ID kenapa ya? soalnya kalo pengnjung dari ID itu curang, misal agc blog kita atau bom klik. Kadang sebelnya itu.
    Tapi cara kedua sedang dicoba mudah-mudahan mantul :)

    BalasHapus
  25. Mantap dan sangat bermanfaat, boleh nih di coba di negara target.
    Terima kasih kak, artikelnya sangat membantu. Sukses selalu

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.