Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Tutorial Lengkap] Cara Submit Sitemap Blog Tumblr ke Google Webmaster

Tutorial Lengkap Cara Submit Sitemap Tumblr  Blog ke Google Webmaster Tools- Sama halnya dengan submit sitemap blogspot (blogger) maupun  wordpress pada google webmaster tools. Submit atau mengirimkan peta situs Tumblr ke google search console bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada robot mesin pencari google dalam mengcrawl seluruh isi dari website/blog.  Sehingga apabila ada posting yang di anggap berkualitas (memenuhi kriteria artikel terbaik) dapat dengan mudah muncul pada hasil pencarian.

Panduan submit sitemap peta situs tumblr

Submit sitemap (peta situs) merupakan salah satu tips  yang diberikan dan digunakan oleh para webmaster untuk meningkatkan SEO blog yang di kelola. Untuk itulah anda harus segera lakukan ini, setiap kali anda selesai membuat blog di tumblr. Karena, dengan mengirimkan (submit) sitemap blog tumblr ke  google webmaster tools dipercaya dapat membuat tumblr blog jadi seo friendly. Bagaimana caranya ? berikut ulasan lengkapnya.

Panduan/Tutorial Submit Sitemap (Peta Situs) Blog Tumblr ke Google Webmaster


Sebelum anda mensubmit peta situs pada Google Search Console terlebih dahulu teman-teman harus mendaftarkan dan memverifikasi blog tumblr di google webmaster tools. Setelah situs tumblr sudah terdaftar dan terverifikasi maka langkah selanjutnya untuk mengirimkan peta situs adalah sebagai berikut:

#Langkah Pertama
Silakan teman-teman akses/buka Google Search Console dan lakukan login menggunakan alamat gmail dan password yang digunakan saat anda mendaftarkan blog yang dikelola pada webmaster tools google.

# Langkah Kedua
Setelah berhasil login klik URL blog tumblr yang ingin dikirimkan peta situsnya

# Langkah Ketiga
Perhatikan menu pada dashboard sebelah kiri lalu klik Crawl (perayapan)

#Langkah keempat
Kemudian pilih menu Sitemap

#Langkah Kelima
Setelah itu teman-teman akan menemukan tombol berwarna merah bertuliskan ADD/TEST SITEMAP pada pojok kanan bagian atas. Setelah ketemu klik tombol tersebut.

#Langkah Keenam
Maka akan terbuka sebuah form tempat memasukkan url sitemap, silakan isikan atau tambahkan "sitemap1.xml" tanpa tanda kutif pada kotak yang disediakan. Lalu klik Submit, pada menu pop up yang muncul klik refresh the page (segarkan laman).

Sampai pada tahap ini sebenarnya proses  mengirimkan/submit sitemap tumblr sudah selesai. Namun, lebih baik  jika teman-teman juga menambahkan satu sitemap lagi yang berfungsi untuk meningkatkan tingkat perayapan pada situs. Dengan memakai kode berikut "sitemap-Pages.xml", untuk cara mensubmitnya sama dengan cara mengirimkan peta situs pertama tadi.

Agar teman-teman tidak bingung mengapa kita perlu mengirimkan dua buah peta situs tumblr dengan format yang berbeda pada google webmaster tools. Sebaiknya anda mengetahui perbedaan kedua format sitemap tersebut. Apa yang membedakan ? baca keterangan berikut.

sitemap1.xml” digunakan agar semua posting (artikel, gambar, dan lainnya) segera dirayapi robot google sedangkan “sitemap-Pages.xml” berguna untuk memberitahukan keberadaan halaman pendukung blog seperti halaman kontak, about, disclaimer atau yang lainnya.

Jadi dengan mengirimkan kedua buah sitemap blog tumblr di atas ke google webmaster tools, semua hal yang ada kaitannya dengan situs/web/blog tumblr dapat lebih mudah dijelajahi dan ditemukan. Dengan demikian otomatis keberadaan situs pada SERP (Search Engine Results Page) akan semakin bagus dan menjadi lebih SEO friendly.

Demikianlah tutorial tentang bagaimana Cara Submit Sitemap Tumblr Blog ke Google Webmaster semoga dapat dimengerti, dipraktekkan dengan baik, dan berhasil dengan sukses. Jangan lupa jika ada masukan, saran, atau pertanyaan yang berkaitan dengan topik ini silakan masukkan pada kolom komentar tanpa ragu. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga kita dapat berjumpa lagi pada tulisan lainnya.

8 komentar untuk "[Tutorial Lengkap] Cara Submit Sitemap Blog Tumblr ke Google Webmaster"

  1. bang biasanya pake video. ko karang ga ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya mau buat videonya juga, tapi untuk tutorial submit sitemap itu terlalu gampang butuh waktu kurang dari satu menit jadi saya rasa ngak perlu....Tapi kalau abang juga butuh panduan dalam bentuk video nanti request aja melalui komentar di sini pasti saya bikin juga....tapi mohon maaf kalau sekarang saya agak telat merespon komentar yang masuk. Sebab lagi sibuk ikut kontes SEO.....Terima kasih.

      Hapus
  2. Terimakasih atas postingannya, Saya memang sedang mencari tutorial seperti ini untuk blog kami.. salam..

    BalasHapus
  3. Terimakasih, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. thanks BOS, sudah langsung di jajal dan berhasil
    sekali lagi terimaksih

    BalasHapus
  5. ok ketemu juga sitemap untuk tumblr tks

    BalasHapus
  6. Terimakasih mas kebetulan baru bikin blog di tumblr, ternyata bisa juga ya submit sitemap ke Google

    BalasHapus
  7. terimakasih totorialnya gan

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.