Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly

Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly - Dapat dipastikan siapapun yang membuat blog ingin tulisannya di baca banyak orang dan bisa muncul di halaman utama pencarian. Karena itulah platform yang menyediakan jasa bikin blog gratis juga menjadi salah satu pertimbangan. Salah satunya adalah Tumblr, namun buat blog di tumblr tidak begitu memuaskan penggunanya karena jarang sekali ada yang muncul di halaman utama pencarian, baik google, bing, maupun yahoo, dan mesin pencari top lainnya.

Mengapa ? Kok bisa, padahal Tumblr memiliki PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority) Tinggi, selain itu page rank yang dimiliki juga besar. Ternyata masalahnya adalah Tumblr kurang SEO (Search Engine Optimization) Friendly terutama dalam hal SEO onpagenya, seperti meta tag dan title tag. Hal inilah yang dipercaya menyebabkan blog tumblr sulit bersaing dengan peyedia blog gratis lainnya.

Cara membuat tumblr seo friendly

Jadi jika anda memiliki blog tumblr dan ingin situs yang dikelola mampu bersaing dengan web lainnya dan muncul di halaman utama pencarian, maka anda harus menjadikan/membuat blog tumblr anda SEO friendly. Untuk itu anda perlu melakukan beberapa tips dan trik berikut.

Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly


Agar blog tumblr menjadi lebih SEO friendly, mudah dikenali dan pastinya memiliki kesempatan yang besar untuk muncul di halaman utama pencarian karena memiliki posisi SERP (Search Engine Result Page) yang bagus, anda harus melakukan beberapa hal. Pertama melakukan persiapan sebelum membuat blog, dan kedua usahakan selalu menulis artikel original (fresh dan bermanfaat). Jika kedua syarat ini sudah dilakukan maka faktor penting lainnya adalah membuat blog tumblr menjadi super SEO, berikut panduan lengkap yang berisikan beberapa Tips dan Trik yang bisa di coba untuk merubah situs tumblr anda jadi super dalam urusan Search Engine Optimization (SEO).

1. Menganti Judul Blog Dengan Judul Post
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat tumblr seo adalah dengan menganti judul blog dengan judul posting/artikel. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua post pada tumblr menyediakan kolom untuk mengisi title (judul), seperti posting dalam bentuk gambar (photo). sehingga ketika kita membuka posting tersebut yang jadi url-nya adalah judul blog. Dengan begitu hanya sedikit kata kunci yang dirayapi oleh robot mesin pencari.

Bagaimana caranya agar semua posting bisa memiliki judul walaupun tidak ada kolom pengisian title yang di sediakan. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Akses menu Dasboard >>> Klik menu Setting >>> Pilih Edit Theme >>> Edit HTML
Kemudian cari kode 

<title>{Title}{block:SearchPage} ({lang:Search results for SearchQuery}){/block:SearchPage}{block:PermalinkPage}{block:PostSummary} — {PostSummary}{/block:PostSummary}{/block:PermalinkPage}</title>

Ganti atau hapus dengan kode berikut 

<title>{block:SearchPage} ({lang:Search results for SearchQuery}){/block:SearchPage}{block:PermalinkPage}{block:PostSummary} — {PostSummary}{/block:PostSummary}{/block:PermalinkPage}{Title}</title>

2. Tambahkan Meta Tag Title dan Meta Description
Untuk menambahkan kode script meta tag title dan description pada tema (theme atau template) tumbr caranya gampang, tinggal teman-teman tambahakan kode berikut ini di bawah kode diatas.

<meta name=”title” content=”{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” />

<meta name=”description” content=”{MetaDescription}” />

3. Membuat Tag Menjadi Kata Kunci
Sama halnya dengan blog gratis lainnya pada tumblr kita juga bisa menambahkan meta tag pada setiap posting. Jadi sebaiknya kita manfaatkan tag tersebut menjadi keyword atau kata kunci yang bisa memperbesar peluang mendapatkan posisis yang bagus pada SERP. Caranya adalah Copy kode berikut pada theme tumblr dibawah kode meta tag di atas.

<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” />

4. Merubah Tag  Judul Menjadi Tag <h1>
Memakai  tag <h1> untuk judul posting (blog) bisa membuat posisi blog tumblr lebih baik pada hasil pencarian search engine.

Caranya adalah dengan menganti kode {block:Title} dengan kode berikut:

{block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title}

5. Submit dan Verifikasi Tumblr Blog ke Google Webmaster Tools
Dengan melakukan hal ini kita telah memperkenalkan situs web milik kita pada mesin pencari google sehingga blog dapat lebih mudah ditemukan dan dijelajahi oleh robot google search engine. Jadi, agar tumblr kita semakin SEO sebaiknya anda Daftar & Verifikasi Blog Tumblr di Google Webmaster dan jangan lupa submit juga sitemapnya.

6. Gunakan Theme (Tema) Yang Mobile Friendly
Tidak dapat dipungkiri saat ini lebih banyak pengakses internet menggunakan perangkat mobile, jadi agar blog tumblr kita jauh lebih SEO sebaiknya jangan sepelekan hal ini. Tema defauld tumblr tidak mobile friendly untuk itulah sebaiknya teman-teman mengganti tema yang dipakai dengan theme yang mobile friendly (tema yang bisa menyesuaikan ukuran layar pengaksesnya). Cara ini bukan hanya bisa meningkatkan jumlah visitor (pengunjung), tapi juga menjadikan blog lebih keren, unik, menarik dan tampil beda. Sehingga bisa meningalkan kesan yang bagus buat pengunjung.

7. Pasang Tombol Berbagi 
Bukan rahasia lagi saat ini sosial media dijadikan sebagai salah satu indikator tingkat kepopuleran sebuah web/situs/blog oleh hampir setiap mesin pencari. Selain itu media sosial juga bermanfaat untuk mendongkrak traffik. Jadi, sebaiknya anda manfaatkan ini dengan sebaik-baiknya dengan cara menambahkan atau memasang tombol berbagi (share) agar seo blog semakin baik lagi.

Demikianlah Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly, yang admin ketahui. Semoga bisa diaplikasikan dengan baik dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Apabila dalam penyampaian ada suatu kekeliruan mohon bagi yang memiliki pengetahuan lebih memberikan saran dan masukan agar artikel ini bisa menjadi lebih berguna. Apabila ada yang ingin ditanyakan silakan masukkan pada kolom komentar di bawah, admin akan usahakan untuk menjawabnya sesuai dengan kadar pengetahuan yang dimiliki...Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Tips & Trik Membuat Tumblr Blog Menjadi SEO Friendly"