Hosting Unlimited Indonesia

Tips Ampuh Atasi Crawl Error Dengan Google Webmaster Tools

Oleh: | 7 comments

Tips Ampuh Atasi Crawl Error Dengan Google Webmaster Tools – Google webmaster tool merupakan salah satu produk google yang luar biasa, dimana dengan mengaitkan blog/situs/web yang kita miliki kita bisa mengoptimalkan kinerja blog sehingga menjadi lebih SEO Friendly. 

Sebelumnya admin sudah membahas beberapa cara untuk meningkatkan kinerja situs melalui webmaster tools seperti menentukan target pengunjung, memasang tag hreflang, dan submit sitemap. Namun belum lengkap rasanya jika anda belum mengatasi masalah error yang sering terjadi pada blog. 

Crawl Error atau Page Not Found merupakan masalah yang umum terjadi dan tidak dapat dihindari, sehingga  semakin bertambahnya usia situs maka jumlah error akan semakin banyak. Masalah ini secara tidak langsung mempengaruhi kualitas SEO blog dan tingkat kepercayaan mesin pencari. Karena crawl error mengindikasikan kesehatan blog, jadi semakin banyak jumlah error yang ditemukan mesin pencari pada blog yang teman-teman kelola maka situs anda dianggap tidak sehat dan tidak terawat. Dengan demikian efeknya terhadap SEO dan perkembangan blog juga akan buruk.

Untuk itulah agar web yang kita kelola selalu sehat dan terawat sebaiknya anda selalu mengatasi atau memperbaiki error not found ini, apalagi crawl Error di jadikan sebagai indikator kesehatan sebuah situs. Dan seperti yang kita ketahui google kurang menyukai web yang tidak sehat. Karena itulah dalam kesempatan ini admin akan membagikan sebuah solusi untuk mengatasi berbagai masalah crawl error dengan menggunakan webmaster tools secara lengkap dan tuntas. Berikut ulasannya.

Tips Ampuh Atasi Crawl Error Atau Page Not Found Dengan Google Webmaster Tools


Untuk menghapus atau memperbaiki error pada google webmaster tools teman-teman harus mendaftar dan melakukan verifikasi blog terlebih dahulu, syaratnya gampang teman-teman harus memiliki akun Gmail. Jika belum punya bisa baca tutorial buat gmail terbaru atau tonton video cara membuat email gmail di bawah ini.


Untuk yang sudah mendaftarkan dan melakukan verifikasi blognya di google webmaster tool, langkah memperbaiki atau menghapus kode error yang tepat adalah sebagai berikut :
  • Silakan login ke akun google search console atau google webmaster tools agar lebih mudah klik disini.
  • Setelah berhasil masuk, pilih atau klik URL blog yang ingin di hapus error kodenya
  • Pada menu sebelah kiri dashboard klik Crawl, lalu pilih Crawl errors
  • Klik kotak kecil di sebelah tulisan Priority, kemudian klik Download lebih jelasnya lihat gambar berikut 
cara download crawl errors atau page not found di google webmaster tools
  • Setelah itu akan muncul menu pop-up, yang memberikan anda pilihan mau download dalam bentuk (format) apa. Anda bisa memilih CSV atau  Google Docs terserah sesuai selera, namun admin sarankan pilih saja google docs, karena lebih mudah, efektif dan efisien. selanjutnya klik OK
Format file download crawl errors google webmaster tools
  • Kembali lagi ke halaman google search console, pilih menu Google Index >>>Remove Urls
  • Klik kotak bertuliskan Temporarily hide, setelah itu akan muncul kolom tempat mengisikan url yang akan di hapus
  • Copy url yang telah di download tadi, pastekan pada kolom yang disediakan, lalu klik Continue
cara hapus link crawl errors google webmaster tools
  • Untuk Request Type pastikan sama dengan gambar dibawah ini, kemudian klik Submit Request
proses submit penghapusan URL error
  • Ulangi langkah di atas sampai semua link error yang telah di download tadi selesai di submit.
  • Setelah itu pilih kembali menu Crawl, lalu klik Crawl errors
  • Centang kotak kecil di sebelah Priority dengan cara mengkliknya
  • Kemudian klik tombol MARK AS FIXED yang berwarna merah. Nanti akan muncul menu pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, silakan klik OK
cara menghapus crawl errors atau page not found di google webmaster tools
  • Selesai.
Dengan melakukan langkah di atas sekarang semua masalah yang berhubungan dengan crawl errors sudah teratasi. 

Saran : Sebaiknya anda selalu mengecek kesehatan situs anda setiap hari atau minimal satu minggu sekali agar performa blog bisa maksimal.

Semoga pembahasan tentang Tips Ampuh Atasi Crawl Error Dengan Google Webmaster Tools bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan, apabila ada yang kurang jelas silakan isikan pada kolom komentar di bawah. Akhir kata terima kasih atas kunjungannya....salam blogger indonesia.


logoblog

7 komentar:

  1. Maaf mas masih newbie, pengen tanya apakah dengan cara di atas link errorsnya akan terhapus secara permanan apa ngak ?, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang terhapus secara permanan dan ada juga yang sering error kembali. Tapi dari pengalaman biasanya setelah di hapus beberapa kali link error tersebut hilang secara permanan.

      Karena itulah agar crawl error pada blog tidak bertumpuk sebaiknya cek minimal satu kali seminggu, biar blog tetap sehat dan jrengg.

      terima kasih.

      Hapus
  2. Benr-benar membantu sekali..cara menghapus error kodenya di sajikan dengan apik bgt. Mudah di pahami dan jelas....so sukses buat admin..

    BalasHapus
  3. Cara diatas bisa digunakan untuk menghapus atau mengatasi errors pa saja mas +Muhamad ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua errors yang berkaitan dengan crawl bisa di atasi dengan efektif..

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!