Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Jenis Produk Google Yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Jenis-jenis  produk google yang jarang di ketahui dan digunakan oleh banyak orang -  Google selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya di setiap tingkatan kebutuhan, usia, pendidikan dan lain sebagainya. Google memiliki begitu banyak jenis produk yang sudah sangat populer di Indonesia maupun di dunia. Seperti  Google search, gmail, youtube. Bukan hanya itu masih banyak lagi produk lainnya. Khusus bagi blogger macam produk yang paling banyak di gunakan bahkan dijadikan barang wajib di antaranya adalah blogger, analytics, wemaster tool, keyword planner, dan masih banyak layanan berbayar atau gratis lainnya.

Namun tidak dapat di pungkiri selain memiliki bermacam-macam produk yang begitu populer bahkan di ketahui serta di gunakan oleh semua kalangan, tua, muda, remaja, kaya, miskin, dan lainnya. Ternyata masih ada begitu banyak layanan yang di sediakan google secara gratis maupun berbayar yang tidak di ketahui oleh banyak orang. Padahal produk-produk ini memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi penggunanya. Dengan alasan inilah Admin blog tips & Trik menyempatkan diri untuk menulis sedikit ulasan tentang macam produk google yang masih belum banyak di gunakan atau diketahui oleh banyak orang.

produk google yang jarang di ketahui
Berbagai Jenis Produk Google Yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Macam-Macam Produk Google Yang Jarang di Ketahui, di Dengar, dan Digunakan Banyak Orang


Dari sekian banyaknya jenis-jenis produk google yang di kenalkan pada masyarakat umum, banyak di antaranya yang masih belum begitu familiar dan jarang digunakan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Google Mars
Google mars merupakan salah satu produk google yang unik dan luar biasa dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kita terutama tentang planet mars. Layanan ini sama dengan Google Earth, dimana kita bisa menjelajahi dan mengekplorasi planet mars.  Melihat secara lebih rinci tempat-tempat maupun lokasi yang ada pada planet tersebut. Google Mars merupakan hasil kerja sama antara google dengan peneliti NASA di Arizona State University.

2. Google Sky
Dengan menggunakan layanan yang satu ini kita dapat dengan mudah menjelajah alam semesta hanya dengan sekali klik. Selain itu melalui situs Google Sky anda juga bisa melihat berbagai photo hasil koleksi satelit NASA, Teleskop luar angkasa Hubble dan sloan Digital Sky Survey. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunjungi observatorium untuk melakukannya.

3. Google Scholar
Jika anda membutuhkan sebuah mesin pencari yang di khususkan untuk pencarian yang berupa teks lengkap dari berbagai literatur maka Google scholar bisa di jadikan solusinya. Anda dapat mengunakan layanan yang luar biasa ini jika ingin melihat atau mengekplorasi karya orang lain atau materi mata pelajaran dalam bentuk teks. Seperti, karya  sastra, tesis, penerbit akademik, repositori online, abstrak, opini pengadilan, dan lain-lainnya.

4. Built With Chrome
Built With Chrome di bangun menggunakan teknologi web terbaru yang memungkinkan siapapun yang menggunakannya dapat membangun struktur 3D mereka sendiri. sehingga aplikasi ini dapat menjadi begitu menyenangkan dan mampu menbuat set terbesar di dunia lego. Bukan hanya membangun, dengan bantuan situs ini kita juga bisa sharing (berbagi) dan mempublikasikannya kepada siapa saja. Built with Chrome sendiri berdiri dari hasil kerja sama antara google dengan perusahaan Lego Australia.

5. Google Input Tools
Google input tool adalah salah satu exstensi google chrome yang memungkinkan kita menulis (mengetik) berbagai bahasa tanpa harus mengunduh keyboard khusus. Yang telah mendukung kurang lebih sekitar 80 bahasa yang ada di dunia.

6. Google Art Project
Sesuai dengan namanya google art project merupakan  sebuah situs milik google yang berisikan kumpulan gambar digital dari seluruh museum . Dengan menggunakan produk google yang satu ini kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perjalanan  maupun uang untuk melihat berbagai koleksi benda-benda yang ada di museum seluruh dunia. Google Art Project didirikan oleh Google bekerjasama dengan 151 mitra seni yang sudah diakui di 40 negara.

7. Google Keep
Sebuah layanan yang bisa diakses secara langsung pada situs Google Keep, mengunakan berbagai media elektronik seperti komputer (desktop) dan mobile (HP).  Produk ini merupakan sebuah catatan digital yang ber bentuk notes (catatan kecil), yang dapat digunakan jika anda memiliki sedikit ganguan pada daya ingat (sering lupa).

8. Power Search With Google
Power Search With Google di buat untuk membantu siapapun yang menggunakannnya untuk dapat lebih mudah menyerap berbagai keterampilan dalam pencarian. Yang mengacu pada sistem pencarian terkuat dan program daya maju secara online.  Sehingga siapapun yang menggunakannya dapat belajar dengan lebih cepat, efektif dan efisien. Dengan berbagai keunggulan inilah siapapun dapat lebih mudah memecahkan berbagai masalah yang kompleks secara lebih sederhana, yang memungkinkan kita untuk  lebih mudah memahami berbagai fakta sehingga tingkat pemahaman tentang hali itu juga dapat lebih baik.

9. Google Schemer
Google schemer merupakan suatu platform yang dapat membantu setiap orang yang menggunakannya, untuk menemukan apa yang harus di lakukan dan berbagi dengan orang lain. Pemakai dapat menambahkan skema ketika berada di dalam sebuah pemandangan seperti sedang berada di dalam sebuah galeri seni, bergaul, bercengkrama, bahkan dengan menggunakan layanan ini pengguna juga dapat menemukan tempat wisata (piknik) yang ideal untuk berakhir pekan bersama dengan teman-temannya. Selain itu kita juga bisa menentukan lokasi di mana sesama schemer dapat masuk untuk bergabung dan menambahkan tag khusus.

10. Google Sound Search
Google sound search merupakan sebuah widget atau bisa juga di sebut sebuah aplikasi khusus yang dapat membantu siapapun yang memakainya untuk mengindentifikasi (mengenali) semua jenis music atau lagu yang ada disekitarnya.

11. Google Ngram
Google ngram merupakan sebuah layanan yang dapat membantu pengguna untuk mengetahui berapa sering atau banyaknya sebuah kata muncul dalam sebuah buku sesuai dengan tahun terbit buku yang bersangkutan. Dan membandingkan serta menganalisa sejarah kata itu. Selain itu dengan mengunakan layanan ini kita dapat mengetahui berbagai topik yang paling populer pada suatu masa.

12. Google Moderator
Google moderator merupakan sebuah forum yang di bangun google secara terbuka untuk membahas berbagai topik, seperti yang di gambarkan oleh business insider. Siapapun dapat melakukan pengajuan dan terbuka bagi setiap orang yang berkunjung ke situs ini. Dimana sebagai pengguna anda di berikan kesempatan untuk menciptakan serangkaian tentang apa pun yang di minati, membukanya untuk ide-ide, saran bahkan pertanyaan.

13. Google Font
Jika anda merasa bosan dengan jenis-jenis huruf yang digunakan , google font merupakan solusi yang tepat untuk menemukan jenis huruf yang baru untuk menghiasi tulisan anda. Sehingga terlihat lebih indah dan menawan. Google font menyediakan banyak koleksi huruf yang bisa di download secara gratis.

14. Google Think 
Google think merupakan sebuah layanan yang sangat bagus dan bermanfaat bagi seorang pembisnis dalam pembuatan iklan yang di bimbing secara langsung oleh google. Dengan menggunakan layanan ini anda bisa mendapatkan inspirasi serta wawasan pemasaran langsung dari google. Disini anda juga dapat menemukan berbagai kasus penelitian serta hasil wawancara yang tentunya dapat memberikan inspirasi bagi siapapun yang membacanya.

15. Encrypted Search
Encrypted Search mulai dikenalkan ke masyarakat luas sejak Mei 2010. Memiliki fungsi sama dengan google search, namun produk google yang satu ini memberikan cara yang lebih mudah dan lebih lengkap untuk melakukan pencarian akan sesuatu hal. Yang banyak digunakan oleh bank online karena jauh lebih aman, sebab situs ini menggunakan menggunakan Secure Socket Layer (SSL).

16. Google Books 
Google book dulunya bernama atau lebih di kenal dengan sebutan google print, merupakan tempat mencari dan download teks lengkap berupa buku cetak. Konten yang di tampilkan pada situs ini tergantung pada pengaturan penerbit buku yang bersangkutan yang berbentuk teks asli berupa hasil scan.

17. Google Finance 
Google Finance  merupakan sebuah layanan yang memberikan informasi tentang segala hal yang berkaitan dengan berita bisnis, pendapat, dan data keuangan. Dan berbagai fitur khusus seperti halaman khusus perusahaan, blog search, grafik interaktif, informasi eksekutif, kelompok diskusi dan portofolio.

18. Grup Google 
Grup Google (googe group) merupakan sebuah situs (web) yang dibuat oleh google sebagai suatu layanan untuk berdiskusi melalui email atau usenet arsip. Dimana setiap pengguna di berikan kebebasan untuk bergabung, membuat, memposting (mempublikasikan), mencari serta melacak suatu topik tertentu yang menjadi kesukaannya. Selain itu juga bisa membuat sebuah halaman yang disesuaikan untuk berbagi file, dan sebagainya.

19. Google Hotel Finder 
Suatu layanan pencarian yang di sediakan google yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menemukan berbagai jenis hotel yang berada di berbagai belahan dunia. Bukan hanya itu kita juga bisa menentukan tanggal check-in maupun check-out. Contoh kita ingin mencari hotel yang berada di jakarta, dengan mengetikkan kata “hotel di jakarta” anda akan melihat kotak info di bawah iklan yang ditampilkan.

20. Google Flight Search
Sesuai dengan namanya produk google yang satu ini dapat membantu anda untuk mencari, menemukan, serta melihat perbandingan harga berbagai maskapai penerbangan di seluruh penjuru dunia. Selain itu dengan menggunakan layanan yang satu ini kita juga bisa melihat serta mengetahui berbagai lokasi wisata yang di rekomendasikan oleh google.

21. Google Image Search 
Google Image Search merupakan mesin pencari  yang di khususkan untuk melakukan pencarian gambar dengan mengunakan perintah berupa teks, link, atau teks yang hampir sama. Selain itu mesin pencari ini juga memungkinkan kita untuk melakukan pencarian gambar sesuai dengan gambar yang di upload dari komputer.

22. Language Tools
Language Tools merupakan sebuah aplikasi linguistik, yang memungkinkan penggunanya untuk menerjemahkan teks atau sebuah halaman web, ke berbagai bahasa.  Dan juga bisa membantu kita untuk mencari sebuah halaman khusus yang ditulis dalam bahasa tertentu atau berlokasi di negara tertentu. 

23. Film
Film yaitu mesin pencari khusus yang di buat google untuk mengetahui acara film yang berada di dekat lokasi masuk pemakai, yang berisi ulasan tentang film tersebut  berupa hasil kompilasi (gabungan) dari berbagai website.

24. Google Patent Search 
Mesin pencari khusus yang dapat membantu penggunanya mencari dan mengetahui berbagai hak paten secara lengkap yang berisikan gambar, klaim, serta kutipan yang di buat dalam sebuah halaman tersendiri.

25. Google Recipe View 
Dengan menggunakan bantuan google recipe search anda bisa menemukan berbagai resep yang sesuai dan tepat dengan apa yang anda butuhkan, serta dapat membantu anda menentukan pilihan karena hasil yang di berikan dari pencarian sangat jelas, yang berisikan penilaian, gambar, serta bahan-bahannya.

26. Knowledge Graph 
Knowledge Graph berisikan berbagai pengetahuan dasar yang mampu meningkatkan hasil pencarian secara lebih baik dari berbagai sumber yang berupa informasi semantik.

27. Zagat
Adalah layanan yang yang berisi macam-macam  informasi yang berkaitan dengan kegiatan rekreasi dan restoran yang berbasis survey konsumen.

28. Google Wedding
Google Wedding  merupakan sebuah situs  yang berfungsi sebagai  weeding organizer digital yang dapat membantu anda merencanakan, mengumumkan, mencatat lokasi acara (resepsi), membuat situs khusus yang berkaitan dengan pernikahan, dan lainnya.

Demikianlah sedikit informasi tentang 28 Jenis Produk Google Yang Jarang di Ketahui yang bisa admin “Blog Tips & Trik” berikan semoga apa yang telah di sampaikan di atas dapat menambah pengetahuan kita bersama untuk mencapai hidup yang lebih baik. Seandainya ada kesalahan mohon dimaklumi karena keterbatasan pengetahuan yang admin miliki.

Terima kasih.

9 komentar untuk "Berbagai Jenis Produk Google Yang Jarang di Ketahui Banyak Orang"

  1. Keren, terutama google art project. Terima kasih gan...salam kenal

    BalasHapus
  2. Mas kalau mau cek gambar yang sama mengunakan google image search gimana caranya ? kalau bisa tolong buatin artikelnya secara khusus dengan pembahasan yang lebih mendalam. Di tunggu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak atas idenya, nanti saya akan tuliskan tutorial lengkap menggunakan google image search sesuai permintaan mbak.

      Hapus
    2. ma ksh mas, request saya sudah di terbitkan. Panduannya sangat mdh dipahami, bahkan oleh awam sekalipun. Sukses deh buat mas...

      Hapus
  3. Dari beberapa produk di atas saya sering mengunjungi google books, untuk cari referensi buat skripsi. Tapi sayang pada situs ini kita gak bisa download atau copy paste. Ada gak solusinya mas budi ? kalau ada tolong dong di buatin panduannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar bisa download buku di google book, mbak harus instal software Google Books Downloader terlebih dahulu.

      Hapus
  4. sebelumnya terimakasih kepada @muhammadbudiman setelah mengunjungi blog anda.
    jadi menambah pengetahuan buat saya.
    setelah mendownload apk blogger. com di playstore lalu selanjutnya di arahkan kepada salah satu akun gmail. akan tetapi kenapa setiap saya masuk selalu ditolak dengan alasan (tidak dapat mengambil blog untuk akun yang dipilih) padahal saya sudah sedikit membaca penjelasan mas muhammad budiman di atas itu. sampe saya membuat 2 akun gmail tapi tetap saja sulit untuk mendapatkan akun.
    semoga dengan pertanyaan ini mas muhammad budiman bisa nmemberi solusi dan saran agar bisa login.

    terimakasih...

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.