Hosting Unlimited Indonesia

Jenis Blog Yang Ada di Internet dan Perbedaannya

Oleh: | 5 comments

Jenis (macam-macam) blog yang dapat ditemukan dengan mudah di internet - Blog merupakan sebuah media informasi yang tersedia di internet. Yang dapat di jadikan sebagai tempat untuk menuangkan pikiran, ide, pendapat, informasi, catatan, atau segala hal yang di inginkan oleh pengelolanya (blogger). Bukan hanya itu blog juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk berbagai hal, salah satunya untuk menghasilkan uang. Semakin lama jumlah blog yang ada di internet semakin bertambah. Banyak orang membuat blog dengan berbagai topik (pembahasan) yang berbeda-beda dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. 

Dengan semakin bertambahnya jumlah blog dari tahun ketahun, menyebabkan blog memiliki banyak perbedaan dan karakteristik sebagai ciri khasnya masing-masing. Karena itulah dalam kesempatan ini Admin “Blog Tips & Trik” ingin berbagi sedikit informasi tentang jenis-jenis blog yang beredar di internet. Dari begitu banyaknya macam-macam blog yang ada sekarang ini, blog dapat di kategorikan (dibagi/dikelompokkan) dalam beberapa jenis. Apa saja jenis-jenis blog yang sudah anda ketahui ? berikut sedikit ulasan tentang macam-macam blog yang dapat ditemukan dengan mudah di internet. Selamat membaca !!!!

Jenis Blog dan Perbedaannya

BERBAGAI MACAM  JENIS BLOG YANG ADA DI INTERNET


Blog dapat di bedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan kategori atau karakterisitik tertentu, yang di lihat berdasarkan beberapa poin penilaian. Dalam hal ini blog dapat di bagi menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan pembuatan, isi blog, tempat membuat blog, dan formatnya. Ulasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Blog Berdasarkan Tujuan Pembuatan


1. Personal Blog (Blog Pribadi)
Personal blog merupakan sebuah blog yang di bangun dan di kelola dengan  tujuan untuk mengekspresikan diri atau hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini memiliki isi konten yang sangat bervariasi (#bermacam-macam), dan kebanyakan model pembahasannya di tulis berdasarkan pemikiran si pengelola (penulis post) sehingga bahasa yang digunakan lebih bersifat subjektif. 

2. Personal Branding Blog
Sesuai dengan namanya personal branding blog merupakan blog yang dibuat, di kelola dan di kembangkan dengan tujuan khusus yaitu menjual dan mempromosikan kemampuan atau keahlian yang dimiliki penulis blog, agar dapat dikenal oleh banyak orang. Dalam pembahasannya lebih fokus pada satu topik tertentu sesuai dengan skill penulis, yang mengambarkan karakter penulis itu sendiri. Dan bahasa yang digunakan lebih bersifat formal atau semi informal. Contoh blog jenis ini di antarnya adalah JohnChow.com, sugeng.id, JokoSusilo.com, dan lain sebagainya.

3. Monetisasi Blog
Fokus utama Monetasi blog adalah menghasilkan uang, sehingga blog jenis ini biasanya lebih sering muncul dihalaman utama pecarian. Blog jenis ini sangat tergantung pada topik yang menarik dan SEO. Semakin menarik topik yang di bahas otomatis bisa mendatangkan banyak pengunjung yang dapat menunjang tujan utama pembuatan blog.  Di banding jenis blog yang lainnya monetasi blog biasanya lebih kreatif dan bersahabat dengan mesin pencari, dan artikel yang disajikan melalui tahapan penulisan yang lebih rumit. Untuk jenis ini anda dapat dengan mudah menemukannya.

4. Catalog Blog
Tujuan pembuatan blog katalog adalah memberikan berbagai macam informasi yang di butuhkan, penyajiannya seperti katalog buku, yang dapat di jadikan referensi atau rujukan. Bebas di gunakan dan dapat di akses oleh siapapun.

5. Portofolio
Blog yang di bangun untuk memamerkan dan  menampilkan suatu hasil karya pemilik atau pengelola blog. Yang lebih banyak berisi gambar di banding teks.

Jenis- Jenis blog Berdasarkan Konten (Isi, Artikel)


1. Niche Blog
Niche Blog merupakan sebuah blog yang di bangun berdasarkan kata kunci tertentu. Sehingga ruang lingkup pembahasannya lebih sempit, artikel yang di tulis terfokus pada niche atau tema yang telah ditentukan secara spesifik (khusus membahas satu topik).

2. General Blog
Berbeda dengan blog niche, blog general (umum) topiknya lebih luas, dan pokok pembahasannya bermacam-macam menyangkut berbagai topik. Blog jenis ini biasanya di kelola oleh banyak orang yang memiliki tingkat pemahaman yang cukup tentang topik tersebut. Sehingga blog general sering menyajikan topik yang tidak memiliki keterkaitan dengan topik yang lainnya.

Macam- Macam Blog Berdasarkan Formatnya


1. Vlog
Vlog (video blog) adalah blog yang semua isi atau konten yang disajikan berupa video. 

2. LinkLog
Linklog merupakan sebuah blog yang isinya hanya kumpulan link.

3. Photoblog / Phlog
Photoblog /Phlog ialah blog yang kontennya secara keselurahan berupa foto. 

4. Audioblog
Audioblog merupakan blog yang secara khusus menyajikan konten berupa file music  yang memberikan kebebasan bagi siapapun untuk mendownloadnnya. 

5. Tumbleblogs
Tumbleblogs merupakan jenis blog yang menyajikan beberapa konten dari media berupa teks singkat (pendek).

6. Typecasting Blog
Typecasting blog merupakan jenis blog yang berisi konten berupa hasil scan dari kumpulan tulisan yang di ketik menggunakan mesin tik, tulisan tangan dan notes.

7. Blog iklan baris
Blog iklan baris merupakan jenis blog yang secara khusus menyajikan konten berupa kumpulan iklan baris.Yang dapat dengan mudah kita temukan di internet. Konten blog jenis ini terkesan sembarangan karena sering di manfaatkan oleh spammer untuk berpromosi.

8. Splog
Splog atau sering di sebut spam blog merupakan jenis blog yang secara keseluruhan isinya berupa iklan.

9. Blog Copy Paste
Blog Copy Paste merupakan jenis blog yang secara keseluruhan konten yang disajikan merupakann hasil copy paste (salin tempel) artikel dari blog lain. Bog jenis ini bukan hanya di miliki oleh perseorangan tapi juga di miliki oleh perusahaan. 

10. Blog AGC
Blog Auto Generate content (AGC) merupakan jenis blog duplikat dari blog yang sudah ada. Blog jenis ini merupakan blog yang sangat menganggu dan memprihatinkan terutama bagi publisher adsense. Dari semua jenis blog blog jenis ini merupakan blog yang paling mudah di bangun, karena hanya dalam hitungan detik blog ini mampu mempublikasikan ribuan artikel tanpa capek atau pusing-pusing berpikir.

Macam-Macam Blog Berdasarkan Platformnya


1. Blog Gratis (Free Blog)
Blog gratis merupakan jenis blog yang di buat secara gratis, domain dan hosting disediakan oleh penyedia layanan yang bisa di sebut pihak ketiga. Karena di buat secara gratisan blog jenis ini memiliki alamat domain lebih panjang karena mencantumkan nama pihak penyedia layanan. Contoh penyedia layanan blog gratis paling populer  diantaranya adalah blogger.com dan wordpress.com.

2. Self-Hosting Blog
Self-Hosting Blog merupakan jenis blog yang di bangun dengan menggunakan hosting dan domain sendiri dengan cara menyewanya. Kebanyakan blog jenis ini di olah oleh seeorang yang profesional atau orang yang benar-benar serius dalam ngeblog (membangun blog). Kelebihan jenis ini lebih leluasa dalam mengelolanya. Tidak seperti blog gratis yang sering di hapus oleh penyedia layanan karena di anggap melakukan kesalahan tanpa pemberitahuan sebelumnnya, domain/url  lebih mudah di ingat serta terlihat lebih profesional.

3. Micro Blog
Micro blog merupakan jenis blog yang isinya hanya berupa teks singkat dalam jumlah terbatas, tidak seperti blog jenis ainnya. Blog seperti ini biasanya berupa situs jaringan sosial.

4. Blog Perusahaan (Corporate Blog)
Corporate blog merupakan jenis blog yang di bangun oleh suatu perusahaan yang isinya hanya hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan yang bersangkutan.

5. Citizen Journalism Blog
Citizen journalism blog merupakan jenis blog yang disediakan oleh suatu media tertentu, berisi tulisan atau berita yang di tulis oleh warga masyarakat.

Demikianlah sedikit ulasan tentang “Jenis atau macam-macam blog berdasarkan tujuan, platform, konten, dan format yang dapat ditemukan di internet“ yang bisa admin sajikan semoga dengan ini teman-teman bisa mengetahui jenis blog apa yang sedang di bangun sekarang. 

Sampai jumpa lagi.....Terima kasih.

logoblog

5 komentar:

  1. Terima kasih mas, sepertinya dari penjelasan di atas blog saya masuk kategori gratis, personal blog dan general.

    BalasHapus
  2. Terima kasih mas budi atas infonya. Sekarang saya tau apa jenis blog yang saya kelola. Tapi tolong dong tulis juga kelebihan dan kekurangan masing masing blog di atas biar lebih mendalam dan bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nanti saya coba buat artikelnya mbak..terima kasih atas kunjungan dan masukannya

      Hapus
  3. mas +muhamad, Kalau beda vlog dengan youtube apaan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti saya buatkan artikenya secara khusus..

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!