Hosting Unlimited Indonesia

Google Analytics, Cara Terbaru Daftar dan Pasang Kode di Blog

Oleh: | 11 comments

Cara Mendaftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog, Tutorial Terbaru – Google analytics merupakan salah satu produk google populer yang memiliki fungsi mengagumkan, dengan bantuan aplikasi ini maka siapapun dapat memonitor kemajuan website miliknya dengan mudah.  Hampir semua laporan yang dibutuhkan untuk mengetahui apa saja yang terjadi pada web dilaporkan secara cepat dan tepat. Diantaranya traffik, sumber traffik, konten yang paling banyak di baca, besar kecilnya nilai bounce rate, alat yang digunakan pengunjung saat mengakses web, wilayah/negara, dan masih banyak lagi.

Dengan mengetahui manfaat mendaftar dan memasang kode google analytics pada blog di atas admin yakin sekarang anda ingin segera memasangnya.  Agar bisa memonitor perkembangan dan kemajuan web/blog.

cara mendaftar dan memasang kode google analytics terbaru

Bagi teman-teman yang belum tau bagaimana caranya, berikut admin sajikan tutorial lengkap yang akan memandu anda selangkah demi selangkah. Dari proses pendaftaran dan pemasangan kode atau tracking ID analytics pada blog.

Cara Terbaru Daftar dan Pasang Kode Google Analytics di Blog 


Cara Mendaftar Google Analytics 
  • Untuk membuat akun, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini
  • Akses (Kunjungi) Halaman pendaftaran Google Analytics atau disini
  • Klik PENDAFTARAN (Sign UP) untuk membuat akun analytics baru.
  • Setelah berada pada halaman pembuatan akun anda akan disuguhkan formulir,  isilah formulir pendaftaran sesuai dengan data yang di minta.

cara mendaftar dan memasang kode google analytics pada template

Petunjuk Pengisian Formulir Pendaftaran Google Analytics:
  1. Pilih website
  2. Account Name: Isi nama sesuai keinginan anda (bebas)
  3. Website Name: Isi dengan judul web/blog
  4. Website URL: Masukkan url blog (web, situs) tanpa http/https
  5. Industry Category: Klik tanda segitiga kecil, pilih kategori sesuai dengan niche blog. Jika tidak ada yang sesuai pilih saja other.
  6. Reporting Time Zone: Tentukan waktu pelaporan, tidak di rubah juga tidak masalah.
  7. Setelah anda yakin semua data telah di isi dengan benar langkah selanjutnya klik tombol Get Tracking ID.
  8. Langkah terakhir silakan anda pilih I ACCEPT (Saya Setuju).
Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman akun anda, yang berisikan informasi Tracking ID atau kode Google Analytics yang mesti teman-teman pasang pada blognya (blog yang didaftarkan tadi).

Cara Memasang Kode/ Tracking ID Google Analytics Pada Blog 

Untuk menghubungkan blog dengan google analytics kita bisa melakukan dengan dua cara yaitu melalui template dan menu pengaturan. Adapun penjelasan lengkapnya bisa di baca di bawah ini:

1. Cara Memasang ID Tracking Pada Template
  • Login ke blogger
  • Pilih/klik menu template 
  • Klik edit HTML
  • Cari kode </head> atau agar lebih mudah ditemukan klik sembarang tempat pada kode template lalu tekan tombol “CTRL + F” secara bersamaan nanti akan muncul kotak kecil disudut kanan atas kode template, ketikkan </head> lalu enter. Nanti secara otomatis anda akan melihat kode yang anda cari Setelah ketemu pasang kode google analytics yang anda copy tadi tepat  diatasnya.  
  • Kemudian klik Simpan Perubahan.
2. Cara Memasang ID Tracking/Kode  Google Analytics Melalui Menu Pengaturan
  • Pertama pastikan anda sedang berada atau dalam keadaan login di akun bloggernya masing-masing.
  • Pada dashboard blogger pilih menu setting (setelan)
  • Klik menu lainnya
  • Scroll ke bawah masukkan kode analytict pada kotak yang disediakan disebelah tulisan ID Properti Web Analytics. Ingat masukkan Tracking ID yang pendek seperti ini “UA-89425636-1”.
cara mendaftar dan memasang kode google analytics melalui pengaturan

Lalu klik simpan setelan
Selesai.

Untuk mengetahui apakah pemasangan  tracking ID sukses, buka blog teman-teman pada tab baru lalu akses kembali halaman google analytics.

Pilih menu Reporting >>>Real Time>>>Overview

Jika pada laporan ada user yang aktif di blog anda itu artinya pemasangan berhasil dengan sukses. 

Dengan terpasangnya kode google analytics pada blog sekarang situs anda lebih SEO, dan yang terpenting anda dapat menganalisa dan memonitor perkembangan blog/web/situs dengan lebih gampang sehingga dapat segera mengatasinya apabila terjadi suatu masalah. 

Jadi, sebaiknya anda selalu mengintegrasikan blog/situs/web anda dengan Google Analytics setiap kali membuat blog baru melalui PC ataupun blog yang dibuat pakai HP supaya anda dapat dengan mudah mengontrolnya.

Baiklah admin cukupkan sampai disini dulu pembahasan tentang cara terbaru daftar dan pasang kode google analytics di blog semoga mudah di pahami. Terima kasih telah berkunjung. Jika teman-teman masih bingung bagaimana caranya silakan kunjungi channel youtube saya melalui menu di atas.

logoblog

11 komentar:

  1. Gan, Kan Kode nya ada dua tuuh... yg panjang ama yg pendek. kadi yg mana nih ug harus di Pasang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih salah satu saja gan, keduanya sama. Tapi untuk hasil yang lebih maksimal gunakan kode analytics yang panjang. Karena selain untuk memonitor blog kode analytics yang panjang juga bisa di pakai untuk verifikasi blog di google webmaster tools. Terima kasih, semoga dapat membantu....

      Hapus
  2. kalau di pasang dua jenis kode analytics yang di berikan pada satu blog bermasalah gak gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup pasang salah satu saja, sebab jika anda pasang keduanya justru akan menyebabkan masalah pada hasil pelaporan. Maksudnya laporannya menjadi ganda misal, ada seorang yang online pada blog anda namun dari laporan analytics ada dua orang...semoga dapat di mengerti

      Hapus
  3. Terima kasih, dengan panduan yang agan berikan sekarang blog saya sudah terverifikasi di google analytics semoga sukses selalu....

    BalasHapus
  4. Mas mau tanya utk saat ini blog saya msh gratisan trus di daftarin google analytic, Jika nanti blog saya pake Top level domain (domain pribadi, apakah saya harus mendaftarkan ulang blog saya tsb (yg udh make domain pribadi) ke google analytic ? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak, kalau sudah ganti domain menjadi TLD kita wajib submit ulang url barunya ke google analytics. Sebab saat kita mendaftar analytics, url yang terdaftar berbeda dengan url baru ? Semoga membantu....Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!