Hosting Unlimited Indonesia

Definisi Domain Authority, Page Authority dan Cara Meningkatkannya

Oleh: | 11 comments

Apa yang di maksud Domain Authority dan Page Authority serta bagaimana cara meningkatkannya - Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas secara tuntas apa itu kata kunci yang merupakan salah satu SEO dasar dalam dunia blogging. Jika sudah membicarakan soal SEO blog maka sudah pasti anda juga dituntut untuk mengerti dan memahami apa yang di maksud dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), karena Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) sekarang ini dijadikan sebagai tolak ukur kualitas suatu web/situs/blog di mata search engine. Sebagai penganti page rank. Semakin tinggi PA dan DA sebuah blog, semakin besar pula kesempatan muncul di halaman utama pencarian google. Karena itulah semua orang yang terjun ke dunia blogging berlomba-lomba menaikkan nilai PA dan DA blog/situs/web yang mereka kelola supaya artikel yang di buat bisa muncul di halaman utama google. 

Untuk itu agar kita bisa ikut berpartisipasi dalam perlombaan, untuk jadi juara dan dapat tampil di halaman 1 pencarian google sebaiknya kita mengetahui tentang apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) serta bagaimana cara meningkatkannya. Tanpa perlu panjang lebar lagi berikut admin “Blog Tips & Trik” sajikan ulasan singkatnya. Selamat membaca semoga bermanfaat.

Apa itu domain authority, page authority dan bagaimana cara meningkatkannya
Apa itu domain authority, page authority dan bagaimana cara meningkatkannya

1. Pengertian Domain Authority dan Bagaimana cara meningkatkannya ?

A. Pengertian Domain Authority (DA) 
Domain Authority dapat didefinisikan sebagai salah satu faktor yang di jadikan mesin pencari sebagai tolak ukur dalam memberikan peringkat pada web/blog dalam hasil pencarian. Dan di jadikan sebagai alat atau indikator untuk mengukur kekuatan  tingkat kepercayaan pada sebuah situs.  

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Domain Authority (DA)
Adapun indikator yang dijadikan sebagai barometer dalam menentukan seberapa besar tingkat kepercayaan yang bisa diberikan pada situs, blog atau web meliputi Usia, Popularitas, dan Ukuran. Berikut penjelesannya.

Usia Domain
Semakin tua usia domain semakin besar pula tingkat kepercayaan search engine terhadap suatu situs, blog atau web. Apalagi jika situs tersebut secara konsisten dapat menambah traffik secara berkala, sehingga mesin pencari akan mengangap situs bersangkuatan merupakan blog yang dapat dipercaya. Pola pikir semacam ini wajar, coba kita posisikan diri kita seperti mesin pencari apakah kita akan menganggap sebuah toko itu bagus jika setiap harinya pengunjungnya sepi dan terus berkurang setiap harinya. Tentu tidak bukan.

Popularitas Domain
Sebuah web akan di anggap populer jika banyak memiliki inbound link (link masuk), atau backlink dari situs yang berkualitas. Inbound link di jadikan sebagai sinyal atau tanda bahwa suatu blog memiliki informasi yang berguna dan di anggap layak untuk dibagikan. 

Ukuran Domain
Jumlah halaman atau jumlah postingan yang dimiliki juga dijadikan salah satu tolak ukur seberapa besar ukuran situs web. Namun yang perlu diperhatikan bukan hanya jumlah postingan yang dinilai sebagai ukuran tapi kegunaan dan mafaatnya juga. Semakin banyak jumlah postingan yang memberikan manfaat bagi pengunjung (pembaca) mengakibatkan bertambahnya jumlah link yang di hasilkan, dimana google sangat menyukai jenis situs web/blog seperti ini.

Jadi dengan memiliki ketiga faktor ini blog yang kita kelola dapat dengan mudah meraih peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini terjadi karena mesin pencari sekarang sudah menggunakan algoritma yang mengikuti pola pikir manusia, sehingga hanya blog atau situs yang dapat dipercaya saja yang akan ditampilkan pada hasil pencarian. Karena itulah setiap hari selalu terjadi perubahan peringkat artikel di SERP, bukan tidak mungkin hari ini artikel anda ada dihalaman pertama tapi besok sudah tidak terindeks lagi. Ukuran Domain Authority ada pada skala 1-100, semakin tinggi nilainya semakin besar pula tingkat kepercayaan mesin pencari terhadap blog kita. Sehingga konten atau hal-hal yang berkaitan dengan blog kita lebih mudah terindeks. Maka, peluang untuk jadi juara dan duduk di halaman utama pencarian juga terbuka lebar. 

C. Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Autority

Untuk membuat nilai domain authority semakin tinggi, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan. 
  1. Membangun kepercayaan Situs, ini merupakan faktor terpenting untuk dilakukan guna meninggikan nilai Domain Autority dengan cara membuat konten yang original dan berkualitas, dan lebih mengutamakan kebutuhan pembaca (manusia) bukannya mesin. Yang dibuat sendiri dengan hasil pemikiran dan kerja keras berdasarkan pola pikir manusia. Bukannya, mengunakan tool yang banyak dijual dan beredar secara bebas. 
  2. Agar nilai DA blog bisa bertambah, kita harus berusaha menurunkan bounce rate, karena semakin tinggi nilai bounce rate sebuah situs maka semakin besar pula kecurigaan mesin pencari. Yang dapat mengakibatkan hal-hal tidak di inginkan. Situs web/blog akan di anggap tidak memberikan pengalaman dan kenyamanan bagi pengunjung, serta konten yang disajikan juga di anggap tidak berbobot sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan situs dijauhi oleh mesin pencari bahkan bisa saja tidak di indeks lagi. 
  3. Membuat Backlink secara natural (alami), menggunakan teknik White Hat SEO. Caranya adalah dengan melakukan Blogwalking, submit ke web directory, artikel pemasaran, dan submit ke media sosial. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk menaikkan nilai Domain Autority suatu blog, dengan catatan backlink yang di dapatkan satu tema (topik).
  4. Optimasi SEO Onpage, di antaranya cara membuat konten, teknik penempatan keyword, dan membuat meta tag pada template blog. Hal ini di perlukan agar blog yang kita kelola sering dirayapi mesin pencari, yang mengindikasikan kalau blog tersebut disukainya sehingga Otoritas Domain akan terus naik/bertambah secara perlahan tapi pasti.
Setelah membaca uraian di atas Admin "Blog Tips & Trik" berharap teman-teman sudah mempunyai gambaran tentang apa itu domain authority serta bagaimana trik yang bisa digunakan untuk menambah, mendongrak, atau meninggikan nilainya. Namun selain itu sobat juga harus tau tentang page authority dan teknik peningkatannya, supaya keberadaan blog di internet lebih di akui. Berikut penjelasannya.

B. Definisi Page Authority Serta Cara Meningkatkannya

1. Pengertian Page Authority (PA) 
Page Authority  yang sering disebut Otoritas Halaman dapat diartikan sebagai salah satu istilah SEO yang mengambarkan seberapa besar kemungkinan artikel atau halaman pada situs web (blog) muncul dalam pencarian. Sama halnya dengan Domain Authority, Page authority juga di nilai dengan skala 1-100. Semakin tinggi nilainya maka kemungkinan muncul di search engine (halaman utama) juga semakin besar.Yang dinilai berdasarkan seberapa besar nilai relevansi informasi dan link yang berada pada halaman situs satu sama lain.

2. Cara Meningkatkan Page Authority
Bukan hanya nilai domain authority yang bisa ditambah, tapi page authority juga demikian, apa saja langkah yang bisa dilakukan guna menambah nilainya. Berikut ulasannya.
  • Jangan memanipulasi mesin pencari dengan melakukan Spam Keyword, karena hal ini sangat di benci dan dapat mengurangi tingkat kepercayaan pada situs anda.
  • Untuk meningkatkan nilai page authority kita harus benar-benar memperhatikan konten serupa atau duplikat konten pada situs yang di kelola. Jika konten pada situs web/blog yang di kelola memiliki banyak duplikat maka bukannya bertambah,  page authority situs anda akan berkurang. Jadi anda harus benar-benar memperhatikan masalah ini.
  • Meningkatkan kualitas konten (artikel) dengan cara memperhatikan persentase kata kunci, semakin baik teknik penerapan keyword density pada artikel yang sobat buat, semakin mudah pula artikel tersebut di terima mesin pencari. Dengan demikian page authority halaman tersebut bisa semakin tinggi.
  • Perbesar peluang menjadi yang terbaik pada halaman SERP dengan menggunakan kombinasi kata kunci LSI. 
  • Menambahkan gambar terkait (relevan) di halaman Anda serta menyertakan  ALT tag yang deskriptif pada gambar tesebut. Sehingga  dapat ditemukan search engine. Hal ini perlu anda lakukan karena sekarang teks bukan lagi satu-satunya faktor penting dalam SEO. Dimana kemampuan mesin pencari dalam mencari gambar, grafik jauh lebih penting daripada sebelumnya. Yang menyebabkan situs web/blog yang anda kelola akan mendapatkan traffik yang berasal dari gambar dan akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas. 
  • Selalu membagikan artikel yang baru di posting ke akun media sosial, seperti Google+, Facebook, twitter, Instagram,  linkedin, dan lain sebaginya. Ini sangat di perlukan untuk menaikkan nilai page authority blog karena bisa menghasilkan backlink natural.
  • Selalu usahakan untuk membuat 2 sampai 3 buah internal link setiap kali membuat artikel baru, yang mengarah ke artikel lainnya pada blog anda, dan usahakan link tersebut benar-benar relevan atau memiliki keterkaitan dengan artikel yang dikaitkan. Hal ini mampu menambah nilai page authority karena bisa membuat pengunjung betah di blog anda.
Demikianlah “Definisi Domain Authority, Page Authority dan Bagaimana Cara Meningkatkannya” silahkan teman-teman aplikasikan sendiri sebagaimana mestinya. Kurang lebih Admin Blog Tips & Trik mohon maaf. Jika ada masukan yang berguna atau ada yang ingin di tanyakan silakan masukkan ke kolom komentar di bawah. Jika tidak keberatan tolong bagikan artikel sederhana ini kepada teman-teman yang lainnya.

logoblog

11 komentar:

  1. Mas di atas disebutkan salah satu cara naikkin nilai DA itu dengan cara menurunkan Bounce Rate, caranya gimana mas budi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut pengalaman saya untuk menurunkan bounce rate bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut:

      1. Buat artikel panjang
      2. Buatlah artikel yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya.
      3. Usahakan untuk menggunakan gambar, karena artikel yang hanya berisi tulisan terlihat membosankan, dan masih banyak lagi hal lainnya.

      Nanti saya akan bahas masalah ini secara khusus..

      Hapus
  2. apakah Usia, Popularitas, dan Ukuran blog mempengaruhi peringkat pada pencarian mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk peringkat pencarian sepertinya tidak, buktinya blog ini. masih baru namun banyak artikel saya ada pada halaman utama

      Hapus
  3. Ass, mas pengen tanya. Jika disuruh pilih antara domain dan page authority lebih besar pengaruh mana thp popularitas blog ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa mbak tingkatkan kedua-duanya. Tapi, jika untuk pengaruh lebih besar menurut pendapat saya page authority.

      Hapus
  4. tapi sayangnya domain XYZ katanye nggak dapat PA sama DA di forum luar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pastinya saya juga ngak tau, sebab sampai saat ini saya belum pernah pakai domain dot xyz. Tapi untuk memastikan apakah itu benar atau ngak coba agan cek dulu.....agar lebih yakin.

      Hapus
  5. DA Checker This is the best platform for Bulk Moz Domain Authority Checker (DA Checker), With this free SEO tools, you can check DA, PR and IP Address of any website.

    BalasHapus
  6. Saya baru buat blog, kira2 baru satu bulan. Lah DA blog saya diatas 85, tapi PA saya cuma 1. Solusinya Gimana yah?
    Berapa butuh waktu supaya PA bisa naik? Terimakasih mohon direspon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blognya dibuat pakai domain gratisan apa yang berbayar gan? kalau domain gratis seperti blogger atau wordpress memiliki DA seperti itu wajar karena DA mengikuti tempat membuat blog tersebut.

      Kalau untuk meningkatkan nilai PA sepertinya sudah saya dijelaskan sedetail-detailnya apa saja yang mesti anda lakukan di atas, jadi coba baca lagi artikelnya. Mengenai berapa lama nilai PA bisa meningkat tidak ada yang tau pasti. Terima kasih....

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!