Hosting Unlimited Indonesia

Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog

Oleh: | 2 comments

Cara Terbaik Memasang Kode Google Analytics Pada Blog - Sebagai seorang blogger pastinya teman-teman sudah pernah mendengar dan berkenalan dengan google analytics, tool gratis ini merupakan layanan google yang sangat terkenal  dan banyak dipakai oleh hampir semua orang yang aktif di dunia blog. Dengan memakai tool gratis google ini kita dapat mengawasi performa blog dan merencanakan langkah apa saja yang harus di lakukan kedepannya. Dan perlu sobat ketahui google analytics merupakan salah satu alat tracking web terbaik yang direkomendasikan oleh para webmaster dan menjadikan blog jauh lebih SEO.

Karena itulah rugi sekali jika kita tidak mengintegrasikan (menghubungkan) blog/web/situs yang di kelola dengan google analytics. Lalu bagaimana cara melakukannya ? dalam tutorial kali ini admin akan membagikan bagaimana cara memasang dengan cara terbaik atau lebih baik.

Bagi teman-teman yang bikin blog di blogger.com (blogspot) bisa memasang kode google analytics pada blog menggunakan dua cara, yaitu memakai Tracking ID atau memakai tracking kode (Script). Agar sahabat Blog Tips & Trik tidak bingung dengan dua jenis kode analytics yang dimaksud dan tidak bertanya-tanya  apa perbedaan Tracking ID dengan Tracking Kode pada google analytics ? berikut ulasannya.

Apa Perbedaan Tracking ID dengan Tracking Kode Google Analytics?

Tracking ID (ID pelacakan)
tracking ID merupakan kode unik yang berupa kombinasi angka dan huruf, jenis kode ini merupakan salah satu alternatif terbaik untuk mengintegrasikan blog dengan google analytics khususnya blog yang di buat di google (Blogger).

Tracking Kode (Kode Pelacakan)
Tracking kode merupakan kode google analytics yang bersifat universal berbentuk script javascript. Kode ini sering disebut google analytics universal karena bisa di pakai, dipasang atau di integrasikan dengan berbagai platform. Seperti blogspot, wordpress, Tumblr , Webs, joomlah, dan lain sebagainya.

Dengan sedikit penjelasan tentang perbedaan dua jenis kode google analyitcs di atas, admin berharap teman-teman bisa lebih mengerti sehingga proses pemasangan pada blog dapat berjalan lancar. Untuk cara memasang pada blog berikut penjelasannya.

Cara Terbaik Pemasangan Kode  Google Analytics  Pada Blog


Trik pemasangan ini memiliki kelebihan di banding dengan teknik pemasangan pada umumnya karena tidak menggangu loading situs sehingga cara ini bisa dikatakan sebagai solusi pemasangan terbaik. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Tracking ID

Jika anda adalah pengguna blogspot tidak begitu paham dengan pengkodean sebaiknya melakukan pemasangan kode jenis ini, karena prosesnya jauh lebih mudah. Adapun langkah pemasangannya adalah sebagai berikut:

Tracking ID Google Analytics

  • Copy Tracking ID google analytics seperti terlihat pada gambar diatas
  • Login ke Akun blogger/blogspot Anda.
  • Pada menu sebelah kiri dashboard pilih setting (pengaturan)>>>klik lainnya>>> cari ID Property Web Analytics  yang biasanya ada pada bagian paling bawah.


Cara Pasang Tracking ID Google Analytics


  • Isikan/paste tracking kode tadi pada kotak yang disediakan lalu klik simpan setelan.

Sebenarnya sampai pada langkah ini proses pemasangan kode tracking google analytics sudah selesai dilakukan, namun untuk hasil pelacakan yang lebih maksimal atau lebih baik, anda mesti melakukan satu hal lagi.

Apa yang mesti dilakukan ? setelah melalui tahap diatas untuk pemasangan kode analytics terbaik. Silakan teman pilih menu Template >>> Edit HTML >>> cari kode </body> lalu pastekan kode di bawah ini tepat diatasnya. 

<b:include data='blog' name='google-analytics'/> 

Setelah selesai mempastekan atau menambahkan script diatas, langkah selanjuntnya klik Simpan Template.

2. Menggunakan Tracking Kode Google Analytics

Jika anda menggunakan tracking kode javascript untuk mengintegrasikan blog anda dengan google analytics maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Tracking Kode Google Analytics
  • Copy tracking kode javascript google analytics seperti terlihat pada gambar diatas.
  • Login ke akun blog yang ingin di lacak.
  • Pada menu bagian kiri pilih Template, kemudian klik tombol Edit HTML untuk membuka editor template.
  • Cari Kode </body>, agar lebih cepat silakan teman-teman tekan tombol CTRL+F pada keyboard untuk mengaktifkan fitur pencarian.
  • Setelah ketemu, pastekan (letakan) script javascript tracking kode google analytics tepat diatas kode </body>, lihat gambar pemasangannya di bawah.
  • Lalu klik Simpan template.
Cara Pasang Tracking Kode Google Analytics

Sampai disini proses pengintegrasian blog dengan google analytics selesai dilakukan, sekarang anda sudah bisa mulai memonitor traffik blog, konten, persentase bounce rate, dan fungsi google analytics lainnya untuk memaksimalkan kinerja situs milik anda.

Sebenarnya pemasangan tracking analytics di atas bisa anda letakan di atas kode </head> seperti pada tutorial daftar dan pasang kode analytics yang sudah admin bahas sebelumnya.  Namun karena menggangu proses loading halaman cara itu kurang efektif dan efisien. Karena itulah meletakkannya tepat diatas </body> merupakan alternatif pemasangan terbaik. Karena kode analytics baru akan di proses setelah halaman  tampil secara sempurna (keseluruhan) sehingga tidak mempengaruhi loading blog 

Jika anda membuat blog dengan blogspot maka anda bisa memakai kedua cara pengintegrasian di atas atau salah satunya.  Namun apabila situs web milik anda di buat pada platform berbeda seperti wordpress  anda hanya bisa menggunakan cara kedua yaitu memasang tacking kode (google analytics universal).

Demikianlah uraian tentang cara terbaik memasang kode google analytics pada blog, semoga bermanfaat. Jika ada yang belum di mengerti jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar dibawah. Dan bagi yang belum paham bisa lihat video tutorialnya di bawah ini.


logoblog

2 komentar:

  1. Ma ksh mas, baru tau ternyata tracking Id analytics bisa di pasang pada body. Dan penjelasannya masuk akal bgt bro....langsung praktek ahhhh

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!