Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENDAFTAR, PASANG KODE, DAN VERIFIKASI BLOG DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS TERBARU

Bagaimana cara mendaftar, pasang kode dan verifikasi blog di Google Webmaster Tools - Google webmaster tools  atau google search console merupakan salah satu produk google yang paling banyak dipakai oleh hampir seluruh blogger di dunia. Karena dengan mendaftarkan blog, memasang kode pelacakan dan memverifikasinya pada google webmaster bisa meningkatkan SEO pada blog atau website.

Mengapa dengan daftar, pasang kode, dan verifikasi blog di google search console bisa menaikkan SEO web ? alasannya dengan memverifikasi dan mendaftarkan website kita di google webmaster, web/situs lebih mudah dikenali oleh mesin pencari milik google yang merupakan search engine terbaik yang paling banyak di pakai dan digunakan orang di seluruh dunia untuk mencari dan menemukan berbagai informasi dalam berbagai bentuk, seperti text (tulisan),  gambar, video, dan lain-lain. Sehingga peluang traffict mengarah ke situs kita akan jauh lebih besar. Untuk melihat traffik blog silakan integrasikan blog anda dengan analytics.

Bukan hanya membuat web/situs/blog lebih bersahabat dengan mesin pencari milik google, dengan memverifikasi, memasang kode, dan mendaftarkan blog yang di kelola pada google search console, kita dapat lebih mudah mengoptimalkan kinerja website (situs,web,blog).

Untuk itulah apabila teman-teman selesai membuat blog baru sebaiknya segera mengenalkan web atau situs tersebut pada mesin pencari milik google dengan melakukan pendaftaran dan verifikasi di webmaster tools. Jika teman-teman butuh panduan dan tutorial cara pendaftaran silkan ikuti petunjuk di bawah ini.


TUTORIAL CARA MENDAFTAR, PASANG KODE, DAN VERIFIKASI BLOG DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS TERBARU


Untuk bisa melakukan pendaftaran teman-teman harus memiliki akun Gmail terlebih dahulu, jika belum punya dan butuh panduan silakan tonton video tutorial membuat gmail terbaru atau disini. Jika anda sudah mempunyai akun gmail langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools
  • Silakan akses atau buka halaman https://www.google.com/webmasters/tools atau lebih cepatnya klik disini.
  • Login dengan alamat dan password gmail yang anda miliki, untuk blogger sebaiknya gunakan gmail yang sama dengan blog.
  • Setelah berhasil masuk, pada halaman utama search console silakan teman-teman isikan alamat url website atau blog yang akan didaftarkan pada kotak yang disediakan, dan pastikan pilihannya adalah website. Kemudian klik ADD PROPERTY.


daftar google webmaster tools
  • Setelah itu anda akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan situs dengan menggunakan lima buah cara. Untuk blogger silakan teman-teman pilih atau klik tanda bulatan di samping HTML tag.
kode verifikasi google webmaster tools
  • Nanti anda akan melihat kode seperti yang admin beri tanda kotak merah di atas. Copy dan pastekan kode verifikasi tersebut pada template blog tepat di bawah kode "<head>"
Cara Pasang kode Google webmaster Tools pada Blog
Untuk pengguna blogger cara pemasangan kode verifikasi google webmaster tools di atas adalah sebagai berikut:
  1. Login pada akun blogger atau blogspot yang didaftarkan tadi.
  2. Pada menu bilah sebelah kiri klik Template
  3. Kemudian pilih Edit HTML
  4. Cari kode <head>, setelah ketemu pastekan kode verifikasi yang di copy tadi tepat di bawahnya.
  5. Setelah selesai klik Simpan template.
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini

cara pasang kode verifikasi google webmaster tools

Setelah melalui langkah di atas proses pemasangan kode pada template sudah selesai. Untuk memastikan apakah kode sudah terpasang dengan baik atau tidak coba teman-teman cek, dengan cara membuka blog yang di daftarkan tadi pada tab baru, lalu tekan tombol CTRL + U pada keyboard. Lihat apakah kode yang kita pasang tadi ada atau tidak. Jika, kode yang baru anda pastekan tadi sudah ada itu berarti pemasangan kode telah sukses.

Cara Verifikasi Blog Di Google Webmaster Tools
Agar blog yang telah kita pasang kode unik dari google webmaster dapat segera di kenali maka anda harus memverifikasi kepemilikan situs tersebut caranya adalah sebagai berikut :
  1. Kembali lagi pada halaman google search console dan klik tombol VERIFY berwarna merah, lebih jelasnya lihat kembali gambar di atas.
  2. Setelah itu jika proses verifikasi kepemilikan situs berhasil anda akan melihat pemberitahuan seperti gambar di bawah ini, klik Continue.

proses verifikasi google webmaster tools sukses
Selesai.

Demikian tutorial singkat cara mendaftar, pasang kode, dan verifikasi blog di google webmaster tools. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti. Apabila masih kesulitan silakan teman-teman bertanya pada kolom komentar atau lihat video tutorialnya pada channel youtube saya. Terima kasih.

12 komentar untuk "CARA MENDAFTAR, PASANG KODE, DAN VERIFIKASI BLOG DI GOOGLE WEBMASTER TOOLS TERBARU"

  1. Trima ksh mas, tutorial submit blog di google webmaster toolsnya lengkap baget. Dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Terima kasih, sangat membantu. Sebelumnya saya binggung bagaimana caranya namun dengan membaca tutorial yang admin berikan sekarang blog saya sudah di daftarkan di webmaster dan semua artikelnya sudah ke indeks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, saya ikut bersyukur karena dengan dengan mengikuti tutorial yang saya berikan di atas sekarang blog mas dapat di indeks oleh google...

      Hapus
  3. nice info gan, sekarang blog ane udah daftar web master google..
    mampir ke blog saya juga ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dengan daftar google webmaster blognya mas bisa lebih SEO dan mendapatkan traffik organik

      Hapus
  4. Makasih gan infonya, blog ane sudah terdaftar di webmaster google...

    BalasHapus
  5. Kode yg dimasukan
    Sealain sitemap xml
    Apa ya soalnya buram dividionya

    BalasHapus
  6. mantap gan tutorialnya,jangan lupa kunbal ya

    BalasHapus
  7. Sangat sangat bermanfaat skali bang,. Terimakasi bnyak.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.