Hosting Unlimited Indonesia

5 Jaringan Sosial Produk Google Yang Gagal dan Akhirnya di Tutup

Oleh: | 2 comments

5 jaringan sosial produk Google yang gagal dan akhirnya di tutup – Hampir semua produk google dikenal banyak orang bahkan dieluh-eluhkan akan manfaat dan kegunaan yang diberikan. Namun selain sukses meluncurkan banyak produk yang  disukai, ada juga produk produk google yang belum familiar bagi penggunanya. Selain itu, di balik kesuksesan dan kepercayaan masyarakat padanya ternyata banyak juga layanan google yang gagal dengan berbagai alasan sehingga pada akhirnya ditutup.

Dari berbagai macam kegagalan google, dalam meluncurkan banyak aplikasi atau layanan untuk memberikan kemudahan dan manfaat bagi banyak orang. Berikut admin “Blog Tips & Trik” rangkumkan beberapa jenis produk gagal google berbasis sosial media/jaringan sosial. Untuk ulasan singkatnya silakan teman-teman baca uraian di bawah ini.

5 jaringan sosial produk Google yang gagal dan akhirnya di tutup
5 Jaringan Sosial Produk Google Yang Gagal dan Akhirnya di Tutup

5 Macam Jaringan Sosial (Sosial Media) Produk Google Yang Gagal dan Akhirnya di Tutup


iGoogle
iGoogle merupakan salah satu produk gagal Google berupa inovasi menarik yang diberikan google, dimana kita dapat melakukan kustomisasi pada layanan ini. Selain memperbolehkan pengguna membuat halaman pribadi,  iGoogle juga memberikan kita kebebasan untuk memilih fitur apa saja yang di inginkan tampil pada halaman tersebut. Contoh: memilih kutipan, Countdown Timer, gambar, news feed,  widget, Google Chat, daily quote, game , dan lainnya. Aplikasi ini resmi di tutup tahun 2013, karena mengecewakan pengemarnya. Selain itu, google merasa yakin produk ini akan ditinggalkan pengunanya karena sekarang lebih banyak orang mengakses internet melalui perangkat mobile.

Ditutupnya layanan Jaringan Sosial  (social networking) iGoogle memberikan kesempatan bagi yahoo untuk menjaring lebih banyak pengemar, dengan memberikan atau menambahkan fitur import bagi pemakai (pengguna) iGoogle pada My Yahoo.

Google Wave 

Google Wave merupakan salah satu poduk Jaringan Sosial  (social networking) google yang gagal, serta paling terkenal di antara produk gagal lainnya.  Produk ini sempat menarik banyak perhatian masyarakat saat pertama kali diluncurkan pada mei 2009. Layanan google ini di buat sebagai media komunikasi yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi secara instan karena dilakukan melalui internet, seperti instan messaging atau email.

Bukan hanya itu Google Wave juga bisa dikatakan sebagai salah satu layanan serba guna, dimana pengguna dapat memanfaatkannya untuk editing (menyunting) kolaboratif secara real-time, dapat membagikan dokumen (file), mempertemukan rekan kerja atau adu mulut secara online.  Serta masih banyak fitur unggulan lainya. Contoh fitur yang sulit ditemukan dari layanan (Produk) lain adalah dengan bantuan aplikasi ini kita dapat mengubah email mejadi suara, lagu, video, dan dikirimkan ke pemilik akun lainnya. 

Namun dalam perkembangannya tidak berjalan sebagaimana mestinya, hal ini disebabkan karena dalam pengunaannya amat sangat sulit. Dengan alasan inilah akhirnya social networking Google Wave di lepaskan google dan sekarang sudah berpindah tangan ke Apache Software Foundation dengan nama Apache Wave. 

Jaiku 

Jaiku di akuisisi Google pada tahun 2007, sebelumnya merupakan situs microblogging yang diciptakan oleh Jyri engestrom dan Petteri Koponen. Diberi nama  Jaiku karena brief post nya mirip haikus. Di lihat dari segi konsep produk google ini sangat mirip dengan twitter dimana setiap pengguna diberikan kebebasan untuk melakukan update status dengan cepat. 

Tujuan utama produk ini diluncurkan untuk dijadikan sebagai saingan twitter. Namun dalam perjalanannya ternyata Jaiku  juga menjadi salah satu produk google yang gagal di pasaran, dan sepi peminat. Sehingga pada akhirnya layanan Jaringan Sosial jaiku ditutup di tahun 2012. Untuk alasan pastinya mengapa Jaiku dihentikan tidak diketahui. Namun dari beberapa kabar yang berhembus google menghentikan layanan berbasis sosial media ini karena mereka ingin fokus mengembangkan salah satu media sosial unggulan mereka  yaitu Google+ (plus).

Dodgeball
Dodgeball adalah produk yang diakuisisi oleh google dari perusahaan starup pada tahun 2005. Layanan Jaringan Sosial ini merupakan salah satu jenis jejaring sosial berbasis lokasi, dimana siapapun dapat mengetahui lokasi /tempat temannya berada hanya melalui SMS. Dodgebal di tutup pada tahun 2009, masuk dalam koleksi produk google yang gagal mencapai target sehingga digantikan dengan Google Latitude. 

Google Buzz
Produk gagal dari google selanjutnya adalah Google buzz. Google buzz merupakan salah satu jaringan sosial (social networking) ciptaan google yang dibuat untuk memberikan kemudahan membagikan segala aktivitas online antara pengguna google dengan akun gmail. Layanan ini ditutup pada tahun 2011, banyak mendapatkan kritikan karena di anggap melakukan pelanggaran privacy dan keamanan pengguna.

Mungkin hanya sampai di sini dulu informasi yang bisa admin sampaikan tentang 5 Jaringan Sosial Produk Google Yang Gagal dan Akhirnya di Tutup, apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam penyampaian dan penulisan secara pribadi admin "Blog Tips & Trik" mohon maaf.

logoblog

2 komentar:

  1. sayang bgt, google wavenya di tutup padahal sepertinya keren bgt tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Google wave tidak ditutup mbak, tapi berubah nama dan pemiliknya.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!